Home BERITA Doa Aku Percaya

Doa Aku Percaya

0
541 views
Patung Bunda Maria (FX Juli Pramana)

CREDO atau Aku Percaya atau Syahadat Para Rasul atau syahadat singkat merupakan doa pengakuan iman Katolik. Saat doa Rosario, Doa Aku Percaya didoakan untuk mengawali doa devosi pada Bunda Maria.

Bukan tanpa alasan umat Kristiani pada abad-abad pertama dituntut untuk menghapalkan pengakuan iman – kepercayaannya itu.

Pengakuan itu berfungsi sebagai doa harian mereka setiap hari, agar mereka tidak melupakan komitmen yang telah mereka ikrarkan ketika mereka dibabtis.

Mengingatnya di tempat-tempat keramaian

Dengan kata-kata yang sarat dengan makna, Santo Agustinus berbicara tentang hal ini dalam homili beliau tentang redditio simboli tentang pewartaan iman katanya:

“Pengakuan iman akan misteri-misteri kudus yang bersama-sama telah kalian terima dan yang hari ini telah kalian ucapkan kembali satu demi satu, adalah kata-kata di mana iman kepercayaan Bunda Gereja didirikan dengan kokoh di atas landasan yang tak tergoyahkan, yaitu Kristus Tuhan.

Kalian telah menerimanya dan menyerukannya, namun kalian harus tetap memeliharanya di dalam akal budi dan hati sanubari kalian, kalian harus tetap mengulang-ulangnya di tempat tidur kalian, tetap mengingatnya di tempat-tempat keramaian, tidak melupakannya selama makan, bahkan ketika kalian sedang tidur pun kalian harus tetap memperhatikannya dengan hati kalian”.

Kutipan dari Surat Apostolik dalam bentuk motu proprio oleh Paus Benedictus XVI berjudul Porta Fidei (Pintu Iman), Seri Dokumen Gerejawi No 91 terbitan Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Wali Gereja Indonesia hal. 12

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here