Dua Dunia Berbeda

0
342 views
Ilustrasi - Baik dan buruk (UX Planet)


YESUS bersabda kepada para murid-Nya bahwa dunia akan membenci mereka (lihat Yoh 15: 18). Itu terjadi, setelah dunia itu lebih dahulu membenci diri-Nya.

Dunia yang Tuhan Yesus maksudkan adalah dunia yang telah dikuasai dosa; dunia yang menolak Tuhan dan kasih-Nya. Dunia itu tidak mengenal Allah (lihat Yoh 15: 21).

Para murid-Nya bukan dari sana, melainkan dari dunia yang Yesus berikan, yakni dunia yang mengenal Allah dan kasih-Nya. Sebagai konsekuensinya, mereka dibenci oleh dunia.

Pengalaman itu tanda bahwa mereka tidak lebih tinggi dari pada Yesus (lihat Yoh 15: 20). Mereka cukup menjadi sama dengan Dia saja.

Dunia yang dikuasai dosa itu tidak mengenal atau memiliki damai. Mereka diwarnai kebencian. Bukankah kebencian itu tumbuh berkembang di tempat yang tanpa kasih?

Mereka juga dipenuhi dengan kebohongan, fitnah dan semua yang tidak benar. Yang diandalkan hanyalah kepalsuan dan bungkus alias dunia luar. Kedoknya mudah dibongkar.

Sedang dunia yang diberikan oleh Yesus adalah dunia yang penuh kasih dan damai. Itu tidak dapat diberikan oleh dunia (lihat Yoh 14: 27).

Inilah dunia batin yang tinggal dan tumbuh berkembang dalam persatuan dengan Tuhan (lihat Yoh 15: 4).

Di sanalah manusia sejati mengalami yang benar-benar dirindukannya. Suatu hidup yang tenang, tenteram, damai, dan berakar dalam Tuhan.

Itulah dunia baru yang Tuhan berikan. Berbahagialah mereka yang dianugerahi dunia ini.

Sabtu, 21 Mei 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here