Jangan Takut

0
475 views
Yesus bangkit (Ist)

Puncta 03.04.21
Vigilli Paskah
Markus 16:1-8

DALAM kunjungannya ke Manado baru baru ini untuk mengecek vaksinasi, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan agar masyarakat Manado tidak takut. Tidak perlu merasa terprovokasi dengan kejadian bom bunuh diri di samping Gereja Katedral Makassar pada hari Minggu Palma kemarin.

“Saya berharap masyarakat Manado tidak takut untuk menjalani ibadat Paskah. Untuk masalah keamanan, TNI Polri selalu siap untuk menjaga ketertiban umat Kristiani Sulut,” kata Kapolri.

Pada saat yang hampir bersamaan, Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo juga mengatakan hal yang sama kepada umat Katolik. “Enggak usah takut apa apa. Mari kita datang beribadat seperti biasa, dengan rasa aman,” kata beliau di Gereja Katedral Jakarta, Kamis (1/4).

Para teroris itu mau mengembangkan budaya kematian. Mereka menebar ketakutan. Mereka tidak mencintai kehidupan.

Seruan Kapolri dan Bapak Uskup KAJ itu seiring dengan pesan malaikat yang menjumpai Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus dan Salome saat mereka menuju kubur Yesus.

“Jangan takut. Kamu mencari Yesus orang Nasaret, yang disalibkan itu.Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! inilah tempat mereka membaringkan Dia.”

Budaya kematian bisa dipahami sebagai apa saja yang berlawanan dengan kehidupan sendiri, melanggar keutuhan pribadi manusia, dan apa pun yang melukai martabat manusia.

Budaya kematian ini, dalam konsekuensinya yang paling tegas, mencoreng peradaban manusiawi dan bertentangan dengan kemuliaan Sang Pencipta.

Sebab, nilai hidup manusia tak lagi dihargai, dijatuhkan sampai titik nadir, dan Tuhan sebagai pemilik hak hidup manusia seolah dinafikan begitu saja.

Pesan malaikat yang mengatakan bahwa Ia telah bangkit, menunjukkan Yesus yang menang atas kematian.

Oleh karena itu kita tidak perlu takut untuk memperjuangkan kehidupan. Hidup itu sangat berharga. Maka harus terus menerus diperjuangkan.

Membela kehidupan berarti kita berada di rel yang sama dengan Allah Sang Pencipta Hidup.

Membela hidup berarti juga siap mewartakan kabar sukacita. Gembira menjalani hidup dan tidak terkungkung oleh ketakutan.

Ketakutan membuat para wanita itu tidak mewartakan apa-apa. Mereka dicengkeram oleh ketakutan sehingga tidak berbuat apa-apa.

Mari kita bersukacita karena Tuhan telah bangkit. Ia hidup dan mengatasi kematian.

Mari kita wartakan pesan Paskah, “Jangan takut teman….. Jangan takut bro….Jangan takut sobat…..Jangan takut Pak…. Jangan takut mak….

Gunung Merapi di utara Jogja.
Dari jauh sangat mempesona.
Tuhan telah bangkit mulia.
Jangan takut, ayo bersukacita.

Cawas, Selamat Paskah bagi anda sekeluarga….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here