Jerome Murphy, Idola Baru untuk Awali Tahun Baru 2021

5
284 views
Jerome Murphy O'Connor (Ist)

LET’S be grateful for 2020.

Tak lama lagi tahun 2020 akan segera berakhir dan digantikan dengan lembaran baru di tahun 2021. Banyak hal yang telah kita lalui. Khususnya di tahun ini terdapat banyak perubahan yang terjadi sehingga tiap-tiap individu juga harus beradaptasi sesuai dengan kondisi yang ada.

Banyak kejutan tak terduga

Adanya virus yang mematikan dan menyebabkan sebuah pandemi Covid-19 telah mempersulit kehidupan semua orang dari segala kalangan usia.

Tahun 2020 mungkin bukanlah tahun terbaik yang dapat kita alami, namun hal tersebut tidak boleh menghentikan kita untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas segala berkat dan perlindungan yang telah Ia berikan sehari-hari.

Banyaknya kejutan yang terjadi di tahun ini membuat beberapa dari kita tergoyahkan imannya, namun sekaligus mengingatkan kita akan kehadiran Tuhan.

Pandemi yang terjadi menyebabkan banyak kerugian seperti hilangnya pekerjaan sumber mata pencaharian sehari-hari, hingga banyaknya keringat yang dikeluarkan oleh tiap-tiap individu yang berhadapan secara langsung membantu menyelematkan pasien.

Oleh sebab itu, mari kita awali tahun 2021 ini dengan mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak hanya bagi diri kita masing-masing dan keluarga. Namun juga untuk sesama yang membutuhkan sebagai wujud cinta kasih kita terhadap Tuhan.

Teladan dari Jerome Murphy-O’Connor

Jerome Murphy-O’Connor adalah salah seorang tokoh pemikir Agama Katolik yang sangat berkesan dan menginspi masyarakat; terutama yang beragama Katolik. Semasa hidupnya, Jerome telah memperjuangkan hidupnya.

Dengan menempuh jenjang pendidikan tinggi yaitu perkuliahan dengan tujuan baik. Selain mencari ilmu pendidikan, ia juga senantiasa tak lupa untuk menyertakan agama dalam pendidikan dan kehidupannya.

Hasil jerih payah dan kerja keras Jerome terbayarkan dengan keberhasilannya telah mencapai cita-cita dan impiannya menjadi seorang pastor Ordo Dominikan.

Tak berhenti hingga di situ, Jerome menuangkan kesuksesannya dengan mengajar sehingga ilmu dan pengetahuan Jerome tidak berhenti padanya. Namun dapat diteruskan dan dibagikan terhadap sesama.

Selain itu, Jerome berbagi terhadap sesamanya dengan memberikan kesempatan untuk menuntut ilmu pendidikan dalam jenjang perkuliahan terhadap siapa saja yang membutuhkan.

Berdasarkan deskripsi mengenai Jerome sebagai tokoh Katolik, diharapkan kita dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah dasar dalam bertindak kebaikan dan mengingat Tuhan yang merupakan kewajiban umat Katolik.

Pastor O’Connor. (Ist)

New Idol for 2021

Untuk mempersiapkan diri kita menuju tahun baru 2021, kita dapat mengambil teladan iman dari Jerome. Kegelisahan dan ketakutan hina sebagai awal dari pemikiran besar Jerome. Hingga akhirnya ia dapat mengembangkan dan menindaklanjuti permasalahan tersebut.

Melalui pemikirannya. Yaitu bahwa seseorang harus bekerja keras terlebih dahulu sebelum akhirnya mencapai tujuan dan kebahagiaannya.

Pemikiran tersebut dapat diimplementasikan untuk menyiapkan diri memulai tahun baru 2021 yaitu dengan penguasaan diri untuk menahan dan mencegah penyebaran virus COVID-19 melalui:

  • tindakan Work From Home;
  • membatasi diri untuk tidak keluar rumah dan berkerumun di tempat umum bila tidak pada situasi genting;
  • mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, dan sebagainya.

Hal tersebut tentunya sangat berat bagi beberapa masyarakat, karena banyak masyarakat memiliki pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dari rumah sehingga masyarakat tersebut dapat terkena PHK dan tidak memiliki pemasukkan.

Berbagi kasih untuk sesama.(Ist)

Banyak halangan lain dalam melakukan hal tersebut, namun semuanya dilakukan untuk kepentingan diri kita masing-masing, keluarga, masyarakat, negara, dan secara global.

Kesusahan dalam menjalani masa itu dan membatasi diri sendiri merupakan suatu gambaran jelas akan pemikiran Jerome. Ini berupa rasa kegelisahan akan penyakit COVID-19 mengharuskan kita agar bekerja keras terlebih dahulu.

Dengan adanya usaha-usaha jerih payah tersebut nantinya, kita akan diberi bayaran tujuan akhir dan kebahagiaan. Yaitu berakhirnya masa pandemi COVID-19 dalam lingkup global serta kematangan pribadi kita untuk menjalani tahun baru 2021 yang akan datang.

Referensi

  1. BBC News website 21 February 2001
  2. Introductory address given 10 May 2002 when conferring an honorary doctorate in Literature to Father Murphy-O’Connor
  3. Booth, Philip. “Church mourns renowned Bible scholar Fr Jerome Murphy-O’Connor”. CatholicHerald.co.uk. Diakses tanggal 13 November 2013.
  4. The Irish Times, Sat. November 16, 2013 http://www.irishtimes.com/life-and-style/people/cork-born-priest-with-international-reputation-in-biblical-scholarship-1.1596405
  5. Murphy-O’Connor on the Internet Movie Database
  6. Jerome Murphy-O’Connor (II): IMDb profile

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here