Kamu Malaikatku

0
374 views
Ilustrasi: Kau Malaikatku. Acara seru sebelum aksi saling tukar kado antar para suster. (Sr. Laurentia SFD)

KAMU itu malaikatku lho…

Masa Adven adalah salah satu masa yang dinantikan oleh para Suster SFD. Itu karena sejak Adven I sudah ada advent angel. Maksudnya apa toh? Jadi setiap suster akan mendapat satu kertas yang di dalamnya berisi nama satu suster. Dan sepanjang Masa Adven, ia akan mendoakan serta memberi perhatian pada suster tersebut.

Demikian setiap suster akan mendapat nama yang berbeda. Maka setiap suster adalah malaikat bagi suster yang lain.

Bagaimana kalau mendapat nama sendiri? Nah, akan ada pemilihan ulang, sampai tidak menemukan nama sendiri. Kadang kala bisa sampai tiga kali putaran supaya tidak menemukan nama sendiri.

Komunitas kami di Masa Adven semakin seru karena semua berubah jadi “malaikat”.

Akan saling memperhatikan kebutuhan saudari yang kita doakan. Dan bila sakit akan rajin menyapa serta memberi bentuk perhatian lain.

Sukacita Natal di antara para Suster SFD. (Sr. Laurentia SFD)

Nah, yang sering bikin heboh adalah mulai “manipulatiF”, mencoba menggangu saudari yang lain dengan memberi perhatian sehingga dianggap sebagai malaikatnya. Karena saat  tukar kado akan ada acara menebak siapa yang mendoakan kita. Serta syering bagaimana rasanya didoakan, mendoakan, diperhatikan, dan memperhatikan.

Keseruan lain adalah mencari hadiah untuk suster yang kita doakan; dengan bujet yang telah disepakati bersama. Misalnya bujet kado minimal Rp 50.000, meskipun pada kenyataannya akan lebih dari bujet yang ditentukan. Dan pada umumnya akan lebih dari bujet yang ditentukan.

Setiap suster secara diam-diam akan mencari informasi kebutuhan suster yang kita doakan. Mulai mencari nomor sepatu, sandal, ukuran baju, merek sabun, syampo, odol dan warna kesukaan.

Keusilan akan muncul karena bisa sampai lima suster yang bertanya kepada kita. Nah, bingung kan? Siapa ya “malaikatku”? He… serunya di situ.

Berusaha saling memberi perhatian dan kasih di antara para Suster SFD di Masa Adven dengan menjadi “malaikat” satu sama lain. (Sr. Laurentina SFD)

Pada tanggal 24 Desember 2023, kado-kado sudah dibungkus rapi dan cantik. Kemudian semua di letakkan di depan gua atau kandang Natal. Lalu keributan pun terjadi. “Mana kadomu? Mana untuk saya?” saling mengganggu dan itu menyenangkan serta mencairkan persaudaraan.  

Acara yang dinanti pun tiba. Pada tanggal 25 Desember akan ada acara puncak advent angel. Acara dikemas semenarik mungkin. Acara tebak-tebakan pun dimulai. Ada yang tepat, tetapi banyak yang tidak bisa menebak. Suasana semakin meriah pada saat tukar dan buka kado. Semua tertawa bahagia. Kado tidak mewah dan mahal, tetapi dibeli dengan cinta oleh seorang malaikat.

Kamu itu jadi “malaikatku” lho…

Jadilah malaikat sepanjang tahun. Tidak hanya malaikat di masa Adven. Agar hidup berkomunitas selalu damai dan sukacita.

Salam SFD.

Para Suster SFD bisa tertawa renyah usai menikmati permainan menjadi “malaikat” satu sama lain di Masa Adven dan kemudian mewujudkan semangat itu di pesta Natal 2023. (Sr. Laurentia SFD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here