Kapitel Umum ke-5 Kongregasi Suster Fransiskus Dina (SFD) Hasilkan Ministra dan Dewan Ministra Umum Baru

0
586 views
Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum Kongregasi Suster Fransiskus Dina (SFD) yang baru. (SFD)

KAPITEL Umum ke-5 Kongregasi Suster Fransiskus Dina (SFD) Indonesia berlangsung tanggal 1-7 September 2023; bertempat di Pusat Pembinaan Spiritualitas Syantikara Yogyakarta.  Peserta kapitel ada sejumlah 32 orang suster; dibantu anggota tim sekretariat berjumlah sembilan. Moderator kapitel adalah Romo Prof. Dr. Antonius Eddy Kristiyanto OFM.

Proses kapitel

Sebelum kapitel dimulai, para peserta kapitel atau kapitulan diajak mempersiapkan diri secara jasmani dan rohani; dengan membangun sikap batin hening sehingga Roh Kudus bisa leluasa berkarya dalam diri para kapitulan.

Hari pertama, semua peserta sepakat mematikan ponsel dan tidak diizinkan keluar dari   lingkungan kapitel. Juga mendukung hal-hal praktis yang mempermudah kelancaran kapitel.

Setelah itu, para kapitulan mengikuti rekoleksi yang dipimpin oleh moderator: Romo A. Eddy Kristiyanto OFM.

Para Kapitulan yang menjadi peserta Kapitel Umum ke-5 Kongregasi Suster Fransiskus Dina (SFD) di Yogyakarta, September 2023. (SFD)

Setelah rekoleksi dilanjutkan dengan paparan laporan pertanggungjawaban Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum periode 2019-2023 yang lalu. Setelah pemaparan LPJ, para kapitulan diberi kesempatan untuk bertanya dan meminta penjelasan lebih lanjut.

Selesai pemaparan LPJ, diadakan voting untuk persetujuan isi LPJ. Semua peserta kapitel setuju dengan hasil laporan pertanggung jawaban Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum periode 2019-2023.

Artinya kinerja, para ministra periode 2019-2023 berjalan lancar sesuai yang diharapkan Kongregasi. Proses kapitel berjalan dengan baik dan lancar.  

Banyak hal sehubungan dengan formatio, persaudaraan, karya pengutusan, harta benda dan   kepemimpinan yang didiskusikan dan menghasilkan keputusan dan anjuran yang berguna   untuk pewartaan Kerajaan Allah lewat Kongregasi SFD serta perkembangan persaudaraan SFD ke depannya. 

Revisi konstitusi

Satu hal yang sangat penting dalam persaudaraan SFD yaitu konstitusi. Konstitusi yang lama direvisi oleh tim yang sudah dibentuk dan dibantu oleh Romo A. Eddy Kristiyanto OFM. Sidang kapitel menyetujui draf konstitusi.

Semoga dengan selesainya Konstitusi SFD yang baru, arah dan gerakan persaudaraan SFD ke depan semakin terang dan jelas.

Pelantikan Ministra Baru dan Dewan Ministra Umum yang baru saja terpilih di forum Kapitel Umum ke-5 di Yogyakarta, September 2023. (SFD)

Ministra terpilih

Di hari terakhir kapitel, tanggal 7 September 2023, diadakan pemilihan Ministra Umum dan Dewan Ministra Umum SFD periode 2023-2027.

Proses pemilihan didampingi dan disaksikan langsung oleh Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko.

Syukur kepada Tuhan dan berkat karya Roh Kudus, proses pemilihan berjalan dengan lancar, dengan demikian terpilihlah para pelayan persaudaraan sebagai berikut:

  • Ministra Umum: Sr. Angela Purba SFD.
  • Wakil Ministra Umum: Sr. M. Yovita Simamora SFD
  • Dewan Ministra Umum I : Sr. Fransiska Henny SFD
  • Dewan Ministra Umum II: Sr. Filomena Turnip SFD
  • Dewan Ministra Umum III : Sr. Alfonsa Simbolon SFD

Selamat dan proficiat atas terpilihnya Ministra Umum serta Dewan Ministra Umum Kongregasi Para Suster Fransiska Dina (SFD).

Semoga para pelayan terpilih dapat melayani persaudaraan dengan semangat kerendahan hati dan tetap bersukacita dalam pelayanan. Roh Kudus akan membantu pelayanan para suster.

Para suster SFD dan Romo Eddy Kristiyanto OFM sesaat setelah selesainya Kapitel Umum ke-5 di Yogyakarta, September 2023. (SFD)

Ungkapan syukur

Sebagai ungkapan syukur atas kebaikan dan penyertaan Tuhan, kapitel ditutup dengan Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Mgr. Robertus Rubiyatmoko dengan konselebran Romo A. Eddy Kristiyanto OFM.

Dalam homilinya, Bapa Uskup KAS mengajak para suster yang hadir dan semua anggota SFD untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam (duc in altum).

Para pelayan senantiasa diharapkan tidak berputus asa saat dalam pelayanan, tetapi harus bertolak ke tempat yang lebih dalam.

Semoga juga dapat berjalan bersama, saling menolong sebagaimana para rasul dulu saling menolong saat mendapat banyak ikan, sehingga lebih banyak yang bisa diselamatkan.

Sesuai tema yang diusung dalam kapitel, Persaudaraan Dina yang senantiasa bersukacita, berjuang kontekstual, inspiratif dan ekaristis.

Ke depannya SFD mampu mewujudkan Persaudaraan Dina yang senantiasa bersukacita, berbahagia dalam dunia yang sekarang tidak mudah dan menghadapi banyak tantangan.

Tuhan pasti membantu.

Selamat melayani untuk para pelayan umum periode 2023-2027. Semoga api Roh Kudus tetap menyala dalam menyertai perjalanan para suster.

Tuhan memberkati.

Salam SFD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here