Kursus Fransiskan: Mengenal dan Mendalami Santo Fransiskus Asissi

0
263 views
Ketiga imam Fransiskan Konventual bersama para Postulan usai mengikuti program studi Fransiskan di Biara Konventual Tiga Juhar, Sumut. (OFMConv)

PADA tanggal 10 Januari 2023 berlangsung kursus Fransiskan. Dibawakan oleh penulis. Kursus ini dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Fictorium Ginting OFMConv   didampingi oleh Romo Evan Sembiring OFMConv dan Romo Yoseph Djaka OFMConv.

Kursus Fransiskan ini diadakan bagi Saudara Postulan Konventual di Biara St. Katarina Tiga Juhar. Santo Fransiskus dari Assisi menjadi tema utama untuk kursus ini.

Pembahasan mencakup tema panggilan Fransiskus, kronologi hidupnya, persaudaraan awal, tulisan-tulisan Fransiskus, biografi-biografi Fransiskus, dan seputar pertanyaan Fransiskan.

Fransiskus yang dari semula dan kemudian bertobat, membangun Persaudaraan Awal dan perkembangannya. Bersama St. Klara, ia  kemudian mendirikan Ordo Kedua yang kemudian diberi nama Klaris.

Didalami juga kematian Fransiskus, tulisan dan biografi Fransiskus, kanonisasinya sehingga dia diberi predikat sebagai Orang Kudus dengan status santo. Juga tentang keadaan dan situasi tentang perkembangan Ordo pasca kematian Fransiskus.

Sebuah buku yang disebut Fonti Francescana menjadi acuannya. Buku ini berisi sumber-sumber Fransiskan yang di dalamnya ada riwayat hidup St. Fransiskus, kronik-kronik, legenda, dan yang menjadi harta paling berharga bagi Ordo Saudara Dina adalah wasiat-wasiat dan doa-doa yang ditulis Fransiskus dengan tangannya sendiri.

Teks-teks yang berada di dalam Fonti Fransiskan ini telah didalami dalam studi dan dijadikan sebagai bahan meditasi. Semua karya-karya tersebut adalah kisah yang menceritakan pengalaman dan tujuan mereka untuk melibatkan para pembaca untuk menstimulus dalam aksi dan dalam ’’Sequela Christi’’ (pengikutan).

Dalam Fonti Fransiskan ini juga menceritakan satu pengalaman kristiani dan manusiawi masa lalu sehingga menggugah para pembaca sekarang dan mengorientasi pada masa depan.

Pada akhirnya, para pembaca kemudian diajak  membuat suatu komitmen untuk menjadi pengikut Kristus yang sejati melalui teladan Santo Fransiskus.

Dalam kursus ini, bukan hanya materi yang diberikan penulis, tapi juga memberikan lagu untuk dilatih. Lagu-lagu itu adalah Salve Sancte Pater, Salve Padre Santo, Alto e Glorioso Dio dan Ave Maria.

Lagu-lagu ini berkaitan dengan karya-karya yang ditulis Fransiskus dan para pengikutnya. Kursus ini kemudian ditutup dengan Perayaan Ekaristi di Kapel Biara Santa Katarina Tiga Juhar.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Romo Evan Sembiring OFMConv sebagai selebran utama didampingi Romo Fictorium Ginting OFMConv dan Romo Yoseph Djaka OFMConv.

Setelah selesai misa, diadakan makan siang bersama bagi seluruh anggota Biara St. Katarina Tiga Juhar, dan kemudian rekreasi bersama.

Tiga Juhar, 14 Januari 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here