Paroki St. Thomas Aquinas Manokwari Peduli terhadap Pasien Asam Urat

0
740 views
Pemeriksaan gratis untuk para pasien berpotensi mengidap penyakit asam urat di Paroki St. Thomas Aquinas Amban - Manokwari, Papua Barat. (Agustinus Lebang)

PERIKSA kesehatan gratis kembali digelar oleh Dewan Paroki St. Thomas Aquinas – Amban, Manokwari. Bertempat di Auditorium Paroki, 25 orang umat hadir dalam kegiatayang digelar dari pukul 09.00 – 11.00 WIT. Didampingi tiga staf dari Puskemas Amban (PEMDA KAB. Manokwari – Dinas Kesehatan) dan satu tenaga dokter,  proses pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular dilaksanakan dengan lancar.

Dokter Johanis M. Panggelo yang sudah  empat tahun mengabdikan diri dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas ini menyampaikan hal berikut. “Asam urat menjadi penyakit dominan yang alami oleh umat  dengan rentang umur di atas 30 tahun; mereka yang  yang datang memeriksakan diri saat ini. Sebenarnya, pemeriksaan ini untuk mendeteksi penyakit-penyakit yang tidak menular di masyarakat.”

Program ini sejatinya merupakan kegiatan yang tertunda sejak tahun 2013 dan baru bisa dilaksanakan untuk yang pertama kalinya di bulan September 2015.

pemeriksaan  kesehatan asam urat di paroki st thomas aquinas amban manokwari 1
Periksa dini gratis untuk mendeteksi gejala penyakit asam urat di Paroki St. Thomas Aquinas Amban – Manokwari, Papua Barat. Program ini merupakan kerjasama antara Paroki dan Puskesmas setempat. (Agustinus Lebang)

Menurut  Virginia Awairaro di sela-sela kegiatan, kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap bulan dan sangat diharapkan oleh umat yang belum hadir dapat meluangkan waktunya untuk dapat memeriksakan kesehatannya. “Pemeriksaan kesehatan  ini meliputi kolesterol, gula darah, asam urat dan darah tinggi,” kata dia.

Virginia Awairaro dipercayakan menjadi Kkordinator program ini dan bekerja sama dengan Puskesmas Amban – Manokwari.

Dari 25 orang yang hadir memeriksakan kesehatan, 16 orang terdiri kaum wanita dan sisanya Sembilan orang pria. Melalui kegiatan ini,  Puskesmas Amban bisa  memiliki data kondisi kesehatan masyarakat dan hal ini bisa membantu pihak terkait dalam penanganan kesehatan di Manokwari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here