Pelita Hati: 04.05.2024 – Siap Dibenci dan Dicaci

0
57 views

Sahabat pelita hati, 

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Kini Tuhan sedang memberi nasehat kepada para murid dan pengikut-Nya agar siap menghadapi tantangan. Konsekuensi sebagai pengikut Yesus adalah siap dibenci dan dicaci sebagaimana yang Ia alami. 

Sebagaimana Dia, para murid tak boleh takut dan gentar terhadap tantangan kehidupan di tengah-tengah dunia, apalagi ketika harus mewartakan kebaikan dan kasih Tuhan. Yesus telah mencontohkan bahwa Ia telah mengalami beragam tantangan, cercaan dan fitnah hingga berujung penghukuman dan kematian. Seperti Yesus tetap tegar dan teguh menanggung semua itu, demikian juga iman kita harus tegar menghadapi semua perjuangan. 

“Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu”. Tuhan tidak sedang menakut-nakuti dan melemahkan mental para murid tetapi sedang menyampaikan sebuah realita yang harus dihadapi dan agar tetap tegar dan teguh pada tantangan kehidupan. Dalam situasi semacam ini justru iman kita makin didewasakan, dengan.catatan kita berani menghadapinya bukan lari meninggalkannya.

Sahabat terkasih, 

Di mata dunia, sepertinya Yesus  gagal karena hidup dan karya-Nya berujung pada penyaliban dengan hina di puncak Golgota. Namun akhirnya Ia dimuliakan oleh Bapa, Ia dibenarkan dan dibangkitkan. Semoga kita semakin teguh dalam beriman dan tak takut pada tantangan karena jaminan yang akan diterima bagi yang setia pada akhirnya  adalah hidup dalam kemuliaan kekal. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Jikalau rajin minum jamu,
niscaya 'kan sehat selalu.
Jikalau dunia membenci kamu,
ingatlah ia telah lebih hulu membenci Aku.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Kisah Rasul 16:1-10

Yohanes 15:18-21

“Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.” 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here