Pelita Hati: 09.12.2019 – Fiat Voluntas Tua

0
494 views

Bacaan Lukas 1:26-38

Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.” Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia. (Luk 1:28.35.37-38)

Sahabat pelita hati,

FIAT Voluntas Tua, atau teejadilah seturut kehendak-Mu adalah ujung akhir dari perjumpaan antara Maria dan Malaikat Gabriel. Perjumpaan antara Maria dan Malaikat Gabriel adalah perjumpaan penuh rahmat.  Malaikat Gabriel memberikan salam penuh rahmat kepada Maria untuk membawa kabar sukacita. Maria memang terberkati, bukan saja karena Ia menerima karunia menjadi Bunda Tuhan, tetapi karena hidupnya sungguh memperlihatkan pribadi yang penuh keutamaan: ia taat, setia, tabah dan bijaksana. Awalnya, kabar malaikat bukanlah kabar suka cita tetapi kabar yang menimbulkan tanda tanya. Namun akhirnya ia menyatakan jawaban imannya, ‘Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan-Mu’. Sebuah jawaban iman yang konsekuensinya tidak ringan. Kendati demikian, Maria tak pernah ingkar pada kesanggupan. Ia dengan setia menjalani betapa beratnya menjadi ibu Tuhan: sulitnya mencari tempat untuk melahirkan terpaksa di kandang hewan yang tidak nyaman. Harus lari menyingkir dan mengungsi menghindari kemurkaan Herodes yang keji. Dan, pada akhirnya ia harus menyaksikan derita, aniaya dan kematian Sang Putera di puncak salib Golgota. 

Sahabat terkasih, 

Semua peristiwa itu dialami Maria dengan penuh taat dan setia. Ia terima dan ia jalani sesuai janji imannya. Ia tetap menjadi pribadi yang terberkati. Semoga kita bisa meneladan bunda Maria untuk tetap setia dan taat menjadi pengikut Tuhan walau mengalami sederet tantangan dan kesulitan. Jika kita setia dan taat, niscaya Tuhan selalu melimpahkan berkat.

Jika kita mengaku salah,
niscaya akan diampuni.
Santa Maria bunda Allah,
doakan kami orang berdosa ini.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here