Pelita Hati: 14.07.2023 – Cerdik Seperti Ular, Tulus Seperti Merpati

0
683 views

Sahabat pelita hati,

PERUTUSAN para murid bukan tanpa tantangan. Ada konsekuensi yang harus dihadapi, digambarkan seperti domba di tengah-tengah serigala. Sebuah penggambaran pertarungan yang jelas-jelas tak berimbang. Namun situasi semacam ini tak boleh menjadikan kita kendor apalagi mundur. Karenanya harus bijak  yang tergambar “cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati”. Dibutuhkan sikap bijak dalam bersikap dan bertindak. Tidak terburu-buru mengambil langkah dan tak mengedepankan emosi atau kesenangan diri. 

Sahabat terkasih,

Pada akhirnya, Tuhan memberikan jaminan kepada para murid yang setia menjalankan perutusannya yakni Roh lah yang akan bekerja dan berkarya.  Roh Kudus atau Roh Bapa yang akan memampukan kita menghadapi beragam tantangan kehidupan itu. “Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu” (ay.20). Apakah kita saat ini sedang mengalami tantangan dalam tugas dan karya perutusan?  Tetaplah setia dan percaya, Ia selalu menjagai kita dengan Roh-Nya. Berkah Dalem.

Menghijau rimbun daun dan dahan,
tampak indah dan menakjubkan.
Bagi yang hidup dalam Tuhan,
Dia selalu menjaga dan menguatkan.
Menangkap ikan menggunakan jala,
jala ditarik hingga ke tepi.
Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala,
hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Kej. 46:1-7,28-30;

Matius 10:16-23

“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang. (Mat.10:16-23)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here