Pelita Hati: 29.09.2020 – Menjadi Malaikat

0
579 views

Bacaan Yohanes 1:47-51

Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”  Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” (Yoh.1:49-51)

Sahabat pelita hati,

KISAH panggilan Natanael atau sering  disebut Bartolomeus sungguh menggetarkan hati.  Natanael dipuji oleh Tuhan  sebagai “orang Israel sejati yang tidak ada kepalsuan dalam dirinya.” Ujung akhir dari pujian itu adalah Tuhan akan menganugerahi Natanael menyaksikan langit terbuka dan para malaikat-Nya.

Sahabat terkasih,

Perkataan Yesus kepada Natanael mengingatkan kita pada kisah Yakub yang pernah bermimpi bahwa di bumi ini didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampak malaikat-malaikat turun naik di tangga itu.  (Kej. 28:12). Para malaikat yang turun naik ini menunjukkan diri sebagai pelayan Tuhan siang dan malam. Para malaikat yang beribu-ribu atau tidak terbilang jumlahnya itu melayani Tuhan siang dan malam.

Sahabat terkasih,

Pada perayaan ketiga malaikat Agung (Mikael, Rafael dan Gabriel) ini marilah kita belajar untuk melayani Tuhan dan sesama dengan sukacita. Para malaikat tidak kenal lelah melayani Tuhan siang dan malam. Kita pun dipanggil untuk ikut melayani Tuhan siang dan malam, dengan melakukan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing. Siap melawan kejahatan seperti Mikael; menjadi pewarta kebaikan dengan berbicara yang baik dan benar dan tidak menyakiti hati seperti Gabriel; serta mengemban tugas untuk mendampingi sesama yang sakit, menderita dan berkesusahan melalui doa-doa dan kehadiran kita seperti Rafael. Jadilah Malaikat untuk sesama.

Galih dan Ratna memadu cinta,
cinta pertama masa remaja.
Rahmat-Nya selalu mengalir kepada kita,
kita tengadahkan hati sambil memuja

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here