Mulai 28 Okt 2016: Novena Rosario Elizabeth-Zakharia untuk Dapatkan Keturunan

1
32,465 views

Novena Rosario Elizabeth-Zakharia untuk Dapatkan Keturunan Bersama St. Maria, St. Elizabeth, dan St. Zakharia

Pengantar

Yang paling penting dalam doa novena ini adalah kita menimba pengalaman iman St. Elizabeth dan St. Zakharia yang ditemani St. Maria. Doa pada dasarnya adalah membuka hati pada kehendak Allah Bapa, sehingga terjadilah Kerajaan Allah dalam hati dan keluarga kita. Inilah yang sebenarnya diajarkan Yesus dengan berdoa, “Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.” (Mt. 6: 10).

Dengan kata lain, doa novena bukan doa untuk ‘memaksakan kehendak kita’ pada Allah Bapa, melainkan kita berusaha mendengarkan kehendakNya. Bahwa kita menyampaikan permohonan khusus, hal itu lebih berarti berusaha menyesuaikan kehendak kita dengan kehendakNya.

Bentuk novena Rosario dipilih karena doa sembilan hari berturut-turut akan membuat niat kita lebih kuat dan teruji. Selain itu, dengan bentuk Rosario kita belajar bersikap terbuka seperti Maria. Dengan itu, kehendakNya-lah yang terjadi, bukan kehendak kita, dan kita dapat menerimanya dengan suka cita.

Sekali lagi, doa Rosario bersama St. Elizabeth ini adalah doa Rosario seperti biasanya, tetapi selama sembilan hari berturut-turut (28 Oktober – 5 November) memakai peristiwa gembira. Ada tambahan doa di akhir Salam Maria kesepuluh (sebelum masuk peristiwa berikutnya) menggantikan doa pendek yang dari Fatima. Doa pendek itu akan ditulis di bagian bawah teks ini. Sangat dianjurkan doa novena Rosario ini didoakan bersama oleh suami dan isteri pada malam hari.

novena-8Catatan dan sekaligus undangan:

Meski pada dasarnya doa ini adalah doa pribadi, bagi mereka yang bisa datang di Gereja Katedral Jakarta pada tanggal 28 Oktober 2016, kita akan mulai mendoakannya bersama sesudah misa pukul 18.00.  Sesudah itu, kita bisa berdoa sendiri di rumah atau di tempat kerja.

Baru sesudah itu, nanti pada tanggal 5 November 2016 jam 19.30 (sesudah misa Sabtu sore), jika memungkinkan, kita akhiri rangkaian Novena Rosario itu dengan berkumpul dan berdoa bersama Aula Petrus Gereja Katedral Jakarta.

Undangan doa pembukaan dan akhir Novena Rosario bersama-sama ini tidak wajib, karena pada prinsipnya doa ini bisa dilakukan sendiri. Undangan berkumpul dan berdoa bersama lebih bertujuan agar kita bisa saling mengenal dan saling menguatkan.

Untuk keterangan lebih lanjut dan pendaftaran yang mau datang berdoa bersama pada tanggal 5 November 2016, silahkan hubungi:

  • Vergo 0818 916 225
  • Gerard 0816 1939 756
  • Devi 0817 6610 078

Selamat berdoa.

Doa tambahan dalam doa “Novena Rosario Elizabeth-Zakharia”

(doa bersama St. Maria, St. Elizabeth dan St. Zakharia

bagi suami-isteri yang mengharap anak):

Doa Pembukaan sebelum doa Rosario didaraskan:

“Santa Elizabeth dan Santo Zakharia, teladan iman suami-isteri yang mendambakan keturunan, pada hari ini kami ingin memohon pendampinganmu dalam doa kami. agar kami juga dipercaya melahirkan dan mengasuh putra atau putri. Sertai kami dalam perjalanan iman kami, agar kami mampu pula meneladanmu.

Santa Elizabeth dan Santo Zakharia, dampingilah kami.

Santo Yohanes Pembaptis, doakanlah kami.

Bunda Maria dan Santo Yoseph, bantulah kami.

Santo … dan Santa… (sebut santo-santo pelindung suami dan isteri),  dampingilah kami dalam doa-doa kami.”

(lalu mulai dengan Aku Percaya dan seterusnya.)

Peristiwa Gembira 1

Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel (baca Luk 1: 26-38)

Di akhir untaian Salam Maria (mengganti doa Fatima), didoakan:

“Bunda Maria, Bunda kami, engkau telah mengandung dan melahirkan Yesus Penebus kami. Doakan kami agar kami pun mampu membuka hati pada kehendak Allah, dan dipercaya melahirkan seorang anak di dunia ini. Bunda Teladan orang beriman, doakanlah kami.”

novena-2
Maria menerima Kabar Gembira dari Malaikat Gabriel.

Disambung dengan mendaraskan Kidung Maria (Luk 1: 46-55, lalu hening sejenak)

Aku mengagungkan Tuhan,  hatiku bersukaria karena Allah, penyelamatku.

Sebab Ia memperhatikan daku, hamba-Nya yang hina ini.

Mulai sekarang aku disebut yang bahagia, oleh sekalian bangsa.

Sebab perbuatan besar dikerjakan bagiku oleh Yang Mahakuasa, kuduslah nama-Nya.

Perkasalah perbuatan tangan-Nya, dicerai-beraikan-Nya orang yang angkuh hatinya.

Orang yang berkuasa diturunkan-Nya dari takhta, yang hina dina diangkat-Nya.

Orang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan, orang kaya diusir-Nya pergi dengan tangan kosong.

Menurut janji-Nya kepada leluhur kita, Allah telah menolong Israel hamba-Nya.

Demi kasih sayang-Nya kepada Abraham serta keturunannya, untuk selama-lamanya.

Peristiwa Gembira 2

Maria mengunjungi Elisabeth, saudarinya (baca Luk 1: 39-45, lalu hening sejenak)

novena-3
Maria mengunjungi saudarainya: Elizabeth.

Di akhir untaian Salam Maria (mengganti doa Fatima), didoakan:

“Bunda Elizabeth yang setia pada Allah Bapa, Engkau telah memberi teladan kepada kami bagaimana hidup menurut kehendakNya. Engkau menjalani hidup berkeluarga tanpa putra selama puluhan tahun, dan menjalaninya tetap dengan gembira. Ajarilah kami selalu membuka hati pada kehendakNya. Doakan kami agar dapat setia dan gembira menjalani panggilan kami. Doakanlah kami pula agar kami mendapatkan putra seperti yang engkau terima dari Bapa. Bunda Elizabeth doakanlah kami.”

Peristiwa Gembira 3

Yesus dilahirkan di Bethlehem (baca Luk 2:1-7, lalu hening sejenak)

Di akhir untaian Salam Maria (mengganti doa Fatima), didoakan:

“Bapa Zakaria yang sabar dan sederhana, engkau telah setia mendampingi Bunda Elizabeth dalam menjalani hari-hari sepinya. Engkau pun mengajari kami bagaimana tetap berharap pada pertolongan Tuhan. Pada akhirnya, engkau mendapat anugerah Yohanes sebagai anakmu. Karena itu, doakanlah kami anak-anakmu supaya dapat terus sabar dan setia dalam iman sepertimu. Doakanlah kami agar Allah Bapa bersedia menitipkan anak pada kami. Bapa Zakaria doakanlah kami.”

novena-4
Berita gembira: Yesus lahir.

Disambung dengan mendaraskan Kidung Zhakaria (Luk 1: 68-79)

Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia mengunjungi dan membebaskan umat-Nya.

Ia mengangkat bagi kita seorang Penyelamat yang gagah perkasa, putra Daud hamba-Nya,

seperti dijanjikan-Nya dari sediakala dengan pengantaraan para nabi-Nya yang kudus, untuk menyelamatkan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua lawan yang membenci kita; untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada leluhur kita dan mengindahkan perjanjian-Nya yang kudus.

Sebab Ia telah bersumpah kepada Abraham, bapa kita, akan membebaskan kita dari tangan musuh,

agar kita dapat mengabdi kepada-Nya tanpa takut dan berlaku kudus dan jujur di hadapan-Nya seumur hidup.

Dan engkau, anakku, akan disebut nabi Allah yang mahatinggi, sebab engkau akan mendahului Tuhan untuk menyiapkan jalan-Nya, untuk menanamkan pengertian akan keselamatan dalam umat-Nya, berkat pengampunan dosa mereka.

Sebab Allah kita penuh rahmat dan belaskasihan; Ia mengunjungi kita laksana fajar cemerlang, untuk menyinari orang yang meringkuk dalam kegelapan maut dan membimbing kita ke jalan damai sejahtera.

Peristiwa Gembira 4

Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah (baca Luk 2: 22-40, lalu hening sejenak)

Di akhir untaian Salam Maria (mengganti doa Fatima), didoakan:

Santo Yohanes Pembaptis yang teladan kesederhanaan, engkau telah dilahirkan dan diutus di dunia untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Yesus Sang Putra. Doakanlah kami yang mengharap kehadiran seorang anak agar kami, jika dipercaya Allah Bapa, bisa menyerahkan pula anak kami pada panggilan dan kehendakNya. Santo Yohanes Pembaptis doakanlah kami. Bapa Simeon dan Ibu Hana, doakanlah kami pula.”

novena-5
Kelahiran Yohanes Pembatis.

Peristiwa Gembira 5

Yesus diketemukan dalam Bait Allah (baca Luk 2: 41-52, lalu hening sejenak)

Di akhir untaian Salam Maria (mengganti doa Fatima), didoakan:

“Bapa Yoseph yang budiman, kami berterimakasih atas teladanmu hidup patuh pada Allah dengan setia mendampingi panggilan Bunda Maria. Engkau pun ikut mendidik Yesus sebagai manusia di hadapan BapaNya. Doakanlah kami agar kami pun selalu setia, dan doakan kami kami kami mampu mendidik serta mempersembahkan anak kepada Allah Bapa jika kami dipercaya melahirkan dan mengasuhnya. Bapa Yoseph doakanlah kami.”

1 COMMENT

  1. Salam damai… Apakah novena Elizabeth-Zakaria ini hrs dimulai tgl 28 Oktober??Apakah dimungkinkan utk didoakan diuar tgl 28 Oktober??
    Terima kasih utk tanggapannya..Tuhan memberkati
    Salam kasih dari kami di Bajawa-Flores

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here