Badan Musyawarah Pelajar SMA Xaverius 1 Palembang, Berani Berkegiatan Menarik dan Berkualitas

0
124 views
Badan Musyawarah Pelajar SMA Xaverius 1 Palembang.

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah satu-satunya organisasi siswa yang sah di sekolah. Berdasarkan TAP MPR Nomor IV/MPR/1978 tentang strategi pembinaan dan pengembangan generasi muda. Sejak itulah OSIS di setiap SMP dan SMA mulai ada.

Salah satu tujuan utama terbentuknya OSIS adalah menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai pengaruh negatif dari luar sekolah.

OSIS merupakan organisasi yang sudah terkenal luas di dalam dan luar lingkungan sekolah. Namun, sebetulnya ada wadah lain yang dekat keterkaitan dengan OSIS adalah Badan Musyawarah Pelajar (BMP). Soal nama atau istilah mungkin berbeda setiap unit sekolah. Ada yang menyebutnya BMP, ada lagi yang menamakan Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK), dan sebagainya.

Menyampaikan aspirasi

Pada hakikatnya tugas pokok BMP atau MPK adalah bekerja sama dengan Pengurus OSIS sekaligus memantau kinerja pengurus OSIS. BMP juga berperan menyampaikan aspirasi kelas kepada Pengurus OSIS atau sebaliknya. 

Beberapa tugas pokok BMP atau MPK, antara lain: mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas, mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program OSIS, mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil rapat kelas, dan memilih pengurus OSIS dari daftar calon yang telah disiapkan.

Pertemuan bersama.

Rapat BMP, Pengurus OSIS, Calon Pengurus OSIS yang didampingi para Pembina OSIS, Pimpinan Sekolah serta Direktur Badan Pengurus Yayasan Xaverius Palembang (Selasa, 10 Maret 2020) dengan dua agenda utama yakni Pengurus OSIS menyampaikan laporan pertanggungjawaban program kerjanya dan memperkenalkan para calon pengurus OSIS yang baru.

Inovasi yang menarik

Dalam sambutan singkatnya, Ketua OSIS SMA Xaverius 1 Palembang Periode 2019-2020, Patricia Yeh mengatakan Pengurus OSIS telah melaksanakan program yang telah dirancang setahun yang lalu. Banyak ide baru, daya kreativitas siswa dan inovasi-inovasi yang menarik.

Namun, dalam pelaksanaan semua program kerja pengurus OSIS, aku Patricia kadang menimbulkan kendala.

Dalam menghadapi aneka tantangan dan gejolak, para pengurus OSIS terus memperkuat barisan, menjaga kekompakan, mengajak berdiskusi agar keluar dari kemelut, berbagi cerita, membangun kerja sama, dan saling membantu.

Dalam rapat yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Lantai 3 SMA Xaverius 1, bagi Patricia dan kawan-kawan Pengurus OSIS berlaku ungkapan ini, “Ketidaksempurnaan menimbulkan kesempurnaan,” kata Patricia.

Kepada calon Pengurus OSIS yang baru periode 2020-2021, Patricia berpesan jadilah Pengurus OSIS yang bisa dijadikan contoh dan teladan bagi warga sekolah.

Secara khusus, siswi kelas XI IPS-3 ini berharap kepada Pengurus OSIS yang akan datang agar lebih banyak berbuat inovasi-inovasi baru demi kemajuan sekolah ini.

Skala prioritas

“OSIS adalah milik semua warga sekolah. OSIS bukan hanya milik Pengurus OSIS yang kini terdiri dari 27 orang. Pengurus OSIS telah berusaha menampung idea-ide, gagasan dan kreativitas serta merealisasikan ide-ide bernas sesuai dengan skala perioritas. Sekolah membutuhkan OSIS,” tegas Wakil Bidang Kesiswaan SMA Xaverius 1 Palembang, Recardus Eko Prasetyo S.Ag.

Jika Pengurus OSIS dan warga sekolah dapat menjalankan program kerja yang telah dicanangkan pada awal periode, maka terciptalah warga sekolah yang peduli, toleran, saling menghargai, dan tidak apatis, harap Eko.

Pengembangan diri

Selaku Kepala SMA Xaverius 1 Palembang, Dra M.M Estri Murwani M.Si menegaskan bahwa sebagai Pengurus OSIS hendaknya melihatnya bentuk proses pembinaan dan pengembangan diri. Percayalah, tidak ada sukses tanpa proses. Selalu ada dinamika, tegasnya.

Pengurus OSIS hendaknya terus belajar, mengembangkan diri khususnya dalam bidang organisasi. Hal terpenting dalam proses pendidikan di SMA  berlaku untuk semua warga sekolah adalah kedisiplinan diri yang harus dan terus diinternalisasikan. Juga membangun nilai kejujuran.

Tak ketinggalan pesan dari Direktur Badan Pengurus Yayasan Xaverius Palembang, Romo Gading Johanes Sianipar.

Ia  hadir dalam acara ini dan berpesan kepada calon Pengurus OSIS periode 2020-2021 agar lebih berani untuk berbuat hal-hal yang baik, yang menarik, keren serta kegiatan-kegiatan yang berkualitas.

Romo Gading mengangkat contoh yang telah dilakukan oleh Pengurus OSIS periode ini misalnya Forxa (Fun work with Xaverius One) dan Ruang Ekspresi di Pojok Kantin Sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here