Hormati Pendiri Keuskupan Agung Pontianak, Uskup KAP Pugar Makam Mgr. Jan Pacificus Bos OFMCap (1)

0
168 views
Pendupaan makam Mgr. Pasificus Bos OFMCap oleh Pastor Paroki St. Yosef Katedral Romo Alexius Alex Pr . (Sr. Maria Seba SFIC)

TRADISI memberi penghormatan kepada pendahulu atau leluhur, sanak keluarga yang sudah meninggal itu sungguh mulia. Apalagi, ajaran Gereja Katolik juga mengimbau agar kita senantiasa mendoakan jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal.

Kita meyakini iman adanya persekutuan Orang Kudus yang tidak terputuskan olehkematian. Kita tergabung dalam satu persekutuan Orang Kudus, karena kita semua adalah anggota tubuh Kristus yang diikat oleh kasih persaudaraan yang tak terputuskan oleh maut. Itu karena Kristus Sang Kepala, telah mengalahkan maut itu bagi keselamatan kita.

Menurut Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, cara orang memberi penghormatan kepada para leluhur  punya bentuk bermacam-macam. Antara lain dengan menyimpan foto dan membuat lukisan atau pigura.

Monsinyur Agus mengungkapkan penghormatan kepada pendahulunya yang sudah meninggal dengan cara memugar makam uskup pertama Kalimantan Barat Mgr. Jan Pacificus Bos OFMCap.

“Nafas dan denyut nadi pelayanan serta cikal bakal berdirinya Keuskupan Agung Pontianak ini terjadi berkat jasa beliau. Maka sudah sepantasnya saya sebagai uskup yang meneruskan warisan pelayanan di keuskupan ini memberi penghormatan atas jasa-jasa almarhum,” ungkap Mgr. Agus.

Lihat videonya:

Pemugaran makam Mgr. Jan Pacificus Bos OFMCap dan renovasi makam yang berlokasi persis di samping kompleks Susteran SFIC dan Rumah Retret Wisma Immaculata SFIC di Jl. AR Hakim ini terealisasi berkat prakarsa Dewan Kuria KAP, Dewan Pastoral Paroki (DPP), Dewan Keuangan KAP dan seluruh umat.

Ki-ka: P. Alexius Alex Pr, P. Hermanus Mayong OFMCap, P. Andreas Kurniawan OP, P. Yosef Maswardi Pr, Br. Rafael MTB, Sr. Kresentia SMFA dan Sr. Adriana Toni SFIC.

“Hati saya tergerak untuk membenahi makam Uskup Mgr. Pacificus Bos, makam para pastor, bruder dan suster misionaris dan makam-makam umat lainnya. Ini karena melihat pemakaman yang menjadi tempat ziarah umat setiap tahun selama ini kumuh dan tidak terawat. Selain itu, gerakan renovasi ini juga sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan berkat melalui para pendahulu kita,” ungkapnya.

Kini, kompleks pemakaman ini dalam proses renovasinya. Diharapkan nantinya ketika  setiap tahun berlangsung upacara pemberkatan makam ini sudah mulai tampak cantik, bersih, dan rapi.

Di sinilah pada tanggal 2 November  2018 kemarin berlangsung seremonial ibadat pemugaran makam Mgr. Jan Pacificus Bos OFMCap dan pemberkatan makam umat beriman. (Berlanjut)

Hormati Pendiri Keuskupan Agung Pontianak, Uskup KAP Pugar Makam Mgr. Jan Pacificus Bos OFMCap (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here