Immanuel=Allah beserta Kita, “Teologi” Ignatius Loyola (11)

1
2,374 views

INI adalah catatan kelima (5):

Allah memutuskan untuk menjadi manusia agar dapat mengungkapkan solidaritas-nya dengan umatNya, dapat ikut bergulat bersama dengan umatNya; dan dengan demikian menyelamatkan mereka. Hal ini oleh Ignatius  dilukiskan dengan rinci di dalam kontemplasi mengenai inkarnasi (peristiwa lahirnya Yesus Tuhan menjadi manusia).

Allah yang telah memutuskan untuk solider dan ikut bergulat dengan umat-nya adalah Allah yang setia sampai akhir.  di dalam dan melalui yesus, ia adalah Allah yang rela memberikan hidup-nya demi keselamatan umat-nya.

(6) Allah yang telah memberikan hidupNya untuk keselamatan kita itu ternyata juga menghendaki agar kita ikut serta dalam karya penyelamatanNya.

(7)  Allah yang diimani oleh Inigo adalah Allah yang merupakan sumber cinta.

Cinta-Nya sungguh diwujudkan dalam tindakan dengan memberikan berbagai anugerah kepada kita, bahkan sampai rela memberikan diriNya sendiri (misteri penebusan; sejarah keselamatan). Bahkan Tuhan terus-menerus berkarya dalam dan lewat hidup umatNya untuk menggenapi karya penyelamatanNya. Allah yang seperti ini juga mengundang umatNya untuk mengusahakan agar segala gerak-gerik hidup mereka senantiasa mengalir dari cinta.  (Bersambung)

Romo Ignatius L. Madya Utama SJ, pastor Yesuit dan dosen teologi STF Driyarkara Jakarta dan Pusat Pastoral Yogyakarta.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here