Jalan Sehat Komplek TK, SD, dan SMP Xaverius 3 Palembang

0
139 views
Segenap tamu dan undangan. (Ist)

SUBUH di tanggal 8 Februari 2020 suasana nampak agak gelap, seperti mau hujan. Namun meski begitu, suasana subuh terlihat riuh meriah di gerbang Komplek TK, SD, SMP Xaverius 3 Sekojo persisnya  di Jl Urip Sumohardjo 104B Palembang.

Area parkir Kompleks yang bersebelahan dengan Gereja Paroki San Frades di Kota Palembang dipenuhi dengan kendaraan roda empat dan roda dua. 

Sejak pukul 05.00 pagi para guru dan siswa hilir mudik menyiapkan kegiatan Jalan sehat. Sesekali Kepala Sekolah yang telah tegak berdiri di pintu gerbang SMP Xaverius 3 tersenyum dan menyapa semua orang yang baru saja datang sambil menyalam mereka.  

Minggu yang lalu baru saja selesai kegiatan Turnamen Futsal yang digelar dari tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2020 dan berjalan dengan meriah, sukses dengan hadirnya hampir 500 lebih siswa bertanding. Dan hari ini merupakan penutupan kegiatan Promosi Sekolah dengan Jalan sehat bersama Kompleks TK SD SMP Xaverius 3.

Berbeda dengan jalan jalan sehat siswa SMA, yang hadir biasanya hanya siswa dan para guru serta undangan. Namun bila Jalan sehat dilakukan oleh siswa TK secara otomatis orangtua ikut hadir bersama untuk mendampingi anak anaknya.

Aparat keamanan terlibat aktif dalam kegiatan ini.

Pembuka acara

Pukul 06.00 pagi nampaknya start akan dibuka oleh Romo Yuswito SCJ selaku Romo Paroki San Frades Palembang bersama Sekretaris Yayasan Xaverius dalam hal ini adalah Bapak Drs. Agustinus Yuswono MM.

Hadir bersama keduanya para pimpinan TK SD dan SMP serta Pengawas Pembina SMP  dari Diknas Kota Palembang yaitu Bapak Syamsuri MM.

Suasana tertib.

Kru SMP menari.

Kegiatan Jalan sehat merupakan salah satu bentuk latihan para siswa mengenal lingkungan sekitar dan juga memperkenalkan kembali kepada masyarakat kehadiran sekolah Katolik Xaverius di lingkungan Kota Palembang.

Kegiatan ini sebenarnya sudah yang ke-8 kalinya. Di tahun ini lebih meriah dibanding tahun tahun sebelumnya. Begitu banyak dukungan dari masyarakat, seperti dengan hadirnya banyak sten makanan dan minuman dari berbagai tempat.

Mulai dari minuman segar sampai jajanan sehat untuk para peserta telah disediakan di area parkir yang cukup luas. Juga telah dipasang tenda besar untuk melanjutkan kegiatan senam bersama tia instruktur dari Komite Sekolah.

Guru dan murid ikut menari.

Kerjasama dan kolaborasi luar biasa telah diusahakan oleh para pimpinan kompleks. Memang biasanya perjalanan jalan sehat hanya sekitar 30-45 menit, karena pesertanya merupakan anak-anak kecil yang baru keluar dari komunitas rumah.

Mereka adalah anak-anak TK Xaverius 3 dan juga anak anak klas 1-6 SD yang juga merupakan anak-anak yang masih perlu pendampingan dari orangtua. Hampir setiap orangtua kelas kecil sungguh mendampingi putra-putri mereka mengenal lingkungan sekitar sekolah. Mereka juga melatih kemandirian dan menjaga kesehatan dengan tetap melakukan jalan sehat.

Meski melewati samping Pasar Lemabang, nampaknya anak-anak sudah terbiasa berjalan tertib, tidak ada yang merasa terganggu dengan suasana pasar yang mulai ramai.

Memang para pimpinan sekolah juga menyiapkan pengamanan yang cukup untuk para siswa mereka. Bekerja sama dengan Polsek Ilir Timur 2 dengan menghadirkan enam personel dari  kepolisian untuk membantu lancarnya perjalanan jalan sehat.

Sesudah melakukan perjalanan jalan sehat, para peserta jalan sehat  sudah disambut di pintu gerbang dengan tiket doorprize dan snek pagi. Lalu para peserta menempatkan diri di area panggung.

Keterlibatan sponsor.

Semua terlibat

Karena sesudah mereka berkumpul langsung dilanjutkan dengan senam aerobik yang sudah siap menyambut mereka. Tentu saja, emak-emak dan bapak-bapak pengantar anaknya dan bahkan kakek-nenek dari siswa banyak yang hadir dan ikut senam aerobik. Mereka melanjutkan dengan kegiatan ini sampai kurang lebih pukul 08.00 pagi.

Baru sesudah itu dipersiapkan panggung pentas seni bagi para siswa yang memang sudah menyiapakan diri mereka. Usaha para pimpinan menggabungkan jalan sehat dan pentas seni merupakan salah satu cara agar para siswa mereka berani menampilkan potensinya dalam bidang seni. Tarian kolosal saputangan memeriahkan acara tahun ini.

Sambutan Direktur Yayasan Xaverius diwakili oleh Bapak Drs Agust Yuswono MM. Ia menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh warga sekolah yang terlibat aktif hingga acara jalan sehat berjalan sukses.

Fun walk dan murid SMP.

Bapak Agust Yuswono menyapa anak anak TK yang setia duduk bersama di depan panggung . Dengan  gembira anak anak menyambut sapaan Bapak Yuswono, dan mendengarkan dengan baik wejangan. Anak-anak begitu gembira dengan acara bersama, apalagi sering dilontarkan kuis bagi mereka. Berebut mereka maju untuk menjawab soal.

Juga dalam pentas seni, baik siswa TK, SD, dan SMP semua menampilkan yang terbaik. Meski jalan sehat sudah selesai. Suasana sekolah tetaplah riuh bahkan makin meriah.

Sten jajanan ramai dikerumuni oleh emak-emak dan anak-anak mereka. Mulai dari jajanan kue brownis sampai bakso bakar semua lengkap. Bahkan Penerbit Gramedia dan Penerbit Kanisius tetap hadir di tengah mereka.

Semakin siang semakin meriah karena acara panggung selalu riuh dengan diadakan doorprize yang menarik. Semua orang masih menunggu hingga doorprize terakhir.

Setelah acara selesai bahkan masih menyisakan sesi berfoto bersama para komite yang setia mendampingi acara hingga selesai.

Panitia dan undangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here