Jalan Sehat Warnai Pesta HUT ke-56 Paroki Salib Suci Purwakarta, Keuskupan Bandung (2)

1
268 views
Kegiatan jalan sehat warnai pesta HUT ke-56 Paroki Salib Suci Purwakarta. (YB Sutarno/Paroki Purwakarta)

UMAT Katolik Paroki Salib Suci Purwakarta Merayakan Ulang Tahun Paroki Ke-56 Tahun salah satunya dengan mengadakan kegiatan jalan-jalan santai sehat. Kegiatan jalan sehat bersama keluarga-keluarga lingkungan ini melibatkan lebih dari 600 orang dari 200 KK.

Marliana Purba, anggota tim acara, mengajak semua lingkungan untuk membuat yel-yel penyemangat tiap-tiap keluarga.

Jalan sehat 

Awal jalan sehat langsung dipimpin oleh Pastor Kepala Paroki Romo Paulinus Widjaja dan Pastor Rekan Romo Leonardus Bambang Gatot Subroto Pr bersama Orang Muda Katolik yang diketuai oleh Anastasius Deni Wahyu Permadi, Ketua OMK Paroki Salib Suci.

Bersama tim OMK, mereka bekerja keras menyiapkan rute jalan sehat persiapan lomba-lomba serta kegiatan dinamika kelompok dalam games Kitab Suci dan keakraban.

Kegiatan jalan sehat.

Keluarga-keluarga yang penuh semangat, sukacita bergerak bernyanyi dengan penuh semangat membagikan kemurahan hati Allah. Proses perjalanan jalan sehat yang diikuti tiap keluarga dengan seragam khas masing-masing lingkungan.

Pembagian kupon door prize bagi setiap keluarga dilakukan oleh Panitia dan Pastor Paroki Salib Suci Purwakarta. Ini  sesuai pendaftarankeluarga-keluarga Katolik dari 13 lingkungan dengan 4 wilayah (Wilayah I,  Wilayah II, Wilayah III, Wilayah IV).

Rasa sukacita bersama.

Sejauh 4 Km

Perjalanan jalan sehat menempuh jarak 4 Km, mulai  dari Paroki Salib Suci Purwakarta menuju Makam APK Paroki Salib Suci Purwakarta.

Di kegiatan jalan sehat ini, setiap lingkungan harus masuk  Pos 1 dengan merangkai ayat-ayat Kitab Suci, Pos 2 berkaitan dengan kerjasama tim, kekompakan serta koordinasi keluarga-keluarga tiap lingkungan.

Sementara di  Pos ketiga, mereka harus berkisah tentang  kekompakan setiap keluarga lingkungan dengan memberikan semangat  yel-yel kekompakan.

56 Th Paroki Salib Suci Purwakarta, Jabar: Salib Sumber Sukacita Iman (1)

Perjalanan kurang lebih dari pukul 07.00 WIB pagi  sampai Makam APK Paroki Salib Suci mulai pukul 09.00 n pagi.

Romo Paulinus Widjaja  memberi  semangat dan menjelaskan bahwa tanah APK seluas 1.000-an m2 adalah tanah yang akan digunakan untuk tanah makam dan  penghijauan.

Romo Paroki mengatakan itu akan menjadi tanggungjawab tiap lingkungan untuk merawat dan menyiram tanaman. Ia juga  mengajak umat Katolik Salib Suci Purwakarta  merawat tanaman dengan penuh sukacita dan menyiapkan penghijauan setiap lingkungan bergotong royong membeli satu pohon cemara dan satu pohon palem dengan total 60 pohon cemara dan pohon palma 40 pohon untuk ditanam di tanah makam.

Ini akan  dilaksanakan penanaman oleh Dewan Pastoral Paroki, Ketua Lingkungan, Ketua Seksi, Ketua Bidang di Dewan Pastoral Paroki Salib Suci Purwakarta.  Umat di Lingkungan juga diajak  bergotong royong menanam pohon. Penghijauan dimulai pkl. 10.00 pagi  dan  iawali memberi pupuk di bawah pohon dan menyiramnya.

Semua lingkungan dan pengurus Dewan Pastoral Paroki Salib Suci Purwakarta bergerak bersama dengan semangat menanam pohon,  masing-masing satu pohon. Sembari menanam pohon, panitia OMK membuka pendaftaran lomba tarik tambang antarwilayah bagi ibu-ibu dan bapak-bapak Wilayah 1 sampai Wilayah 4.

Juga dilangsungkan lomba makan kerupuk bina iman anak, lomba pecah balon, lomba balap karung dan lomba joged balon. Di semua lomba, Pastor Paroki dan Pastor Rekan ikut aktif terlibat dalam kegiatan sehingga suasana sangat meriah dan penuh sukacita.

Makna dari refleksi di atas adalah syukur atas sukacita dan kemurahan hati Allah melalui Paroki Salib Suci selama 56 tahun (14 September 1962-2018) berjuang di tengah-tengah masyarakat Jawa Barat khususnya di Kabupaten Purwakarta.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here