Klarifikasi Kongregasi Suster PI: “Griya Paseban” di Bongsari – Semarang Bukan Hotel, tapi Rumah Retret

0
16,742 views
Rumah Retret "Griya Paseban" yang dikelola Yayasan Griya Paseban besutan para suster Penyelenggaraan Ilahi (PI) di Bongsari, Semarang Barat. (Courtesy of Majalah Hidup)

BEBERAPA waktu lalu di medsos telah beredar informasi yang kurang tepat dan juga tidak pas benar yang menyebutkan ada ‘hotel murah’ di kawasan Bongsari –Semarang Barat di mana umat Katolik yang tengah berada di Ibukota Provinsi Jateng ini bisa datang menginap.

Apalagi, sebaran informasi yang kurang pas dan tidak benar itu juga menyebutkan bahwa imbauan menginap itu dimaksudkan untuk membantu biaya hidup para suster biarawati Kongregasi Penyelenggaraan Ilahi atau PI.

Klarifikasi dari Suster PI

Atas berbagai sebaran informasi yang tidak pas  benar tersebut, Redaksi lalu menghubungi Provinsialat Suster-suster Penyelenggaraan Ilahi (PI) di Semarang.

Dari Wakil Pemimpin Provinsi PI di Indonesia, Sr. Priska PI, Redaksi memperoleh keterangan dan penjelasan sebagai berikut.

Penjelasan ini, demikian keterangan tertulis Sr. Priska PI,  juga dimaksudkan untuk mengklarifikasi edaran imbauan dari umat Katolik yang tersebar tanpa kendali  di jalur medsos dengan konten berita yang salah dan tidak pas benar.

  • Griya Paseban adalah fasilitas Rumah Retret.
  • Griya Paseban ini dikelola di bawah naungan Yayasan Griya Paseban dan program acara yang ada di situ merupakan bentuk karya pelayanan Kongregasi Suster Penyelenggaraan Ilahi (PI) kepada umat Katolik.
  • Griya Paseban merupakan tempat pembinaan rohani dan karakter bagi generasi muda.
  • Griya Paseban juga menjadi tempat pendampingan kelompok pendidik/lokakarya pendidikan.

Dengan rilis mengenai fungsi peruntukannya itu, maka Griya Paseban bukan sebuah hotel murah seperti yang sering muncul sebagai informasi yang tidak benar di jalur medsos.

Melayani kebutuhan inap untuk para peziarah rohani

Pada keterangan tertulisnya, Sr. Priska PI yang berasal dari Bayat – Paroki Wedi di Klaten ini, juga menerangkan keterangan tambahan sebagai berikut:

  • Griya Paseban juga bisa melayani para peziarah rohani yang ketika berada di sekitaran Semarang – Jateng tengah membutuhkan tempat penginapan.
  • Griya Paseban juga memfasilitasi kebutuhan sama dari keluarga-keluarga yang ingin mengadakan perjumpaan hati sebagai sebuah keluarga di Semarang.

Datang dan menginaplah

Para peziarah rohani yang kebetulan berada di seputaran Semarang – Jateng dan membutuhkan pelayanan inap dengan iklim udara segar dengan taman yang hijau, suasana tenang, maka bisa menengok datang ke Griya Paseban.

Griya Paseban berada di ‘pusat kota’ Semarang kawasan barat dengan alamat lokasi sebagai berikut:

  • Griya Paseban di Dr. Ismangil 18A, Bongsari, Semarang
  • Nomor kontak (024) 761 3955.
  • Situs: http://ypiisemarang.sch.id/griya-paseban/
  • Lokasinya tidak jauh dari beberapa titik strategis di Semarang: Bandara Ahmad Yani, Simpang Lima, Lawang Sewu, Gereja Katedral Semarang.

Demikian press release yang disampaikan oleh Sr. Priska PI yang diterima Redaksi hari Sabtu tanggal 20 Januari 2018. Keterangan ini dirilis  untuk merespon beredarnya imbauan menginap di Griya Paseban,  namun dengan konten berita yang tidak pas dan tidak tepat benar.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here