Komisi Komsos KAJ dan Gerakan Amalkan Pancasila  

1
2,081 views

YTH. Bapak Uskup, Para Rama, Suster, Bruder, Bapak/Ibu/Saudara-saudari

Berikut ini saya informasikan kegiatan berlabel “Komsos KAJ dan Gerakan Amalkan Pancasila” sebagaimana telah kami sosialisasikan pada saat Temu Seksi Komsos se-KAJ pada hari Minggu, 13 Maret 2016 di Aula Atas Katedral Jakarta.

Sosialisasi kegiatan tersebut telah dihadiri oleh lebih kurang 150 pengurus seksi Komsos dari hampri semua paroki di KAJ:

Kegiatan sosialisasi tersebut untuk membuka wawasan peserta dengan:

  1. Situasi Jatabek dan gerakan intoleransi serta bagaimana mengantisipasi situasi ini dalam pandangan Forum Kerukunan antar-Umat Beragama (FKUB) yang dibawakan oleh Rm. Antonius Suyadi.
  1. Pentingnya pemanfaatan media sosial dan melihat Indonesia dari sisi cyberdefence untuk mempertahankan NKRI oleh Ibu Sylvia W. Sumarlin.
Temu aktivis komsos parokial se KAJ di Aula Katedral Jakarta, Minggu tanggal 13 Maret 2016.

Setelah melihat situasi Jatabek dan Indonesia, diharapkan peserta semakin bersemangat “amalkan Pancasila” dan  mengingat kembali bahwa:

  1. Fokus berkarya pada dua sasaran priotitas sesuai Renstra ARDAS 2016-2020 yakni: 1) Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu;  2) Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam.
  2. Khusus untuk mengimplementasikan Sasaran Prioritas 1 dalam program karya Komsos, penting melakukan kerjasama dengan pelaksana terkait, yaitu Seksi Kerasulan Keluarga, Seksi Kepemudaan, KKI dan Dewan Paroki.
  1. Untuk Sasaran Prioritas 2 dengan target terlaksananya fungsi public relations maka seksi Komsos diharapkan bekerjasama dengan pihak terkait (sekretariat KAJ/DKP/Paroki) untuk:

A) Mengembangkan dan mengaktifkan publikasi bukan hanya untuk kalangan intern Gereja tetapi juga publikasi ke masyarakat umum dengan menekankan “sudut pandang” pada implementasi iman dan nilai-nilai Pancasila di dalam penulisan/pemberitaan/penayangan/dll

B) Aktif untuk mencermati situasi dan memposting berita-berita positif yang telah dikonfirmasi terlebih dahulu kebenarannya. Terutama berita/tulisan/foto tentang mengamalkan Pancasila, melawan gerakan intoleransi, gerakan semangat mempertahankan NKRI, dll

C) Sebagai public relations, ikut menjadi motor penggerak yang mengingatkan dan mengajak segenap komponen Gereja untuk bekerja sama mengamalkan Pancasila dan menyebar-luaskan nilai-nilai baik Gereja Katolik.

D) Terlibat dan aktif menyelenggarakan atau mendukung gerakan lintas agama yang bekerjasama baik dengan kalangan Gereja maupun di luar Gereja; dengan FKUB, HAAK, Lingkungan dan kelompok/golongan di masyarakat, agama lain, pemerintahan, dll.

10295662_965908563492190_4785787431498703057_n

Untuk semua hal itu, dalam diskusi kelompok dekenat, para pengurus seksi Komsos  berkomitmen selain menjadi PR bagi Paroki masing-masing, akan  menyelenggarakan gerakan “Amalkan Pancasila” berupa:

  1. Launching rosario Merah Putih (Mei 2016): Membagikan dan mendoakan Rosario Merah Putih beserta lembar doa Rosario untuk tanah air. Diselenggarakan oleh Komisi Komsos KAJ bekerjasama dengan Komisi Liturgi KAJ dan kelompok-kelompok yang berdevosi kepada Bunda Maria.
  2. Peringatan Lahirnya Pancasila (Juni 2016): Apel Pancasila dan Festival Budaya Lintas Agama yang diselenggarakan oleh oleh Komsos Dekenat Bekasi. Akan menghadirkan Walikota Bekasi dan tokoh-tokoh agama beserta masyarakat untuk membuat komitmen semakin mengamalkan Pancasila.
  3. Perayaan Hari Anak Nasional (Juli 2016): Membuat seminari parenting untuk orang tua dan lomba mainan tradisional Indonesia untuk anak-anak lintas Agama. Diselenggarakan oleh Komsos Dekenat Pusat.
  4. Perayaan Kemerdekaan Indonesia (Agustu 2016): Membuat lomba tupeng antar paroki se-KAJ. Setelah penilaian, tumpeng akan dibagikan kepada kaum papa lintas agama yang diundang dan dihibur dengan pelbagai hiburan seni. Diselenggarakan oleh Komsos Dekenat Utara
  5. Hari Perdamaian Sedunia (September 2016): Karnaval Damai Lintas Agama dan paroki-paroki di di area Car Free Day Jl. Sudirman. Diselenggarakan oleh KOMSOS DEKENAT TIMUR.
  6. Peringatan Sumpah pemuda (Oktober 2016): Fun-walk lintas agama oleh Dekenat Tangeran.
  7. Peringatan Hari Pahlawan (November 2016): persembahan bagi pahlawan  dengan Ziarah Taman Makam Pahlawan dan doa bagi para pahlawan, baksos dan bedah rumah  kel. veteran/pahlawan. Diselenggarakan oleh Komsos Dekenat Barat 1 dan 2.
  8. Hari Hak Azazi Manusia Sedunia (10 Desember): Akan ditawarkan kepada Komsos Dekenat Selatan.

Tentu saja rancangan aktivitas public relations ini hanya akan terselenggara jika kita semua mendukungnya. Terim akasih. Demikian sekilas info.

Salam

tetap semangat KARENA TUHAN

harry pr

Kredit foto: Komisi Komsos KAJ

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here