Kunci Pengetahuan

0
809 views

“Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi.” (Luk 11, 52)

SUDAH berlangsung sekitar dua Minggu, saya menjadi anggota kelompok WA alumni SMP Pangudi Luhur Boro. Satu group WA rupanya tidak memadai untuk mengumpulkan para alumni, sehingga terbentuklah grup WA yang kedua. Para alumni sekolah ini telah tersebar ke berbagai penjuru Nusantara. Mereka bekerja dalam banyak lembaga atau institusi serta banyak pula yang mengembangkan usaha sendiri.

Dalam group WA juga dibagikan banyak foto para alumni, profesi yang digeluti serta berbagai hasil karya, yang mengalir dari ilmu serta pengetahuan mereka. Para alumni sedang merencanakan suatu reuni lintas generasi, yang akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang. Beberapa kelompok sudah berkumpul dan membuat rencana, baik di kantor LBI maupun di kantor Kompas. Dari mana para alumni ini mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat? Kuncinya adalah ‘pendidikan atau sekolah.’

Pendidikan merupakan kunci untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Sekolah merupakan tempat untuk memperkenalkan ilmu dan pengetahuan bagi anak-anak. Para alumni mengembangkan ilmu dan pengetahuannya tidak hanya terbatas dalam lingkup sekolah, tetapi juga dari pendidikan non formal lainnya. Reuni para alumni merupakan kesempatan untuk bersyukur karena kunci pengetahuan telah mereka terima sejak anak-anak; kunci yang memungkinkan bagi mereka membuka sekian banyak kasanah ilmu pengetahuan yang berharga.

Banyak anak-anak pada jaman itu atau sekarang ini mungkin tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki kunci pengetahuan tersebut karena berbagai alasan dan keterbatasan. Bahkan ada juga orang yang dengan sengaja tidak memberikan kunci pengetahuan tersebut kepada anak-anak. Pendidikan atau sekolah tidak dilihat sebagai sesuatu yang penting, yang harus diperjuangkan. Banyak anak-anak yang harus bekerja demi sebuah penghasilan atau upah. Kunci pengetahuan: kepada siapa harus diberikan? bagaimana cara memberikannya? apa masalahnya?

Teman-teman selamat malam dan selamat beristirahat. Berkah Dalem

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here