Manado: Di Wilayah St. Dominikus Paroki St. Veronika Kaiwatu, Pastor Bagi Statuta dan Layani Sakramen

0
214 views
Kunjungan pastoral Pastor Paroki ke Wilayah St. Dominikus Paroki St. Veronika Kaiwatu. (Ist)

SUNGGUH merupakan sebuah kerinduan Umat Katolik bisa mendapat kunjungan dari gembalanya. Bak gayung bersambut, kegiatan yang dinantikan pun akhirnya tiba.

Hari Kamis (25/07/2109) malam lalu sungguh terasa istimewa. Umat Wilayah Rohani Santo Dominikus mendapat Kunjungan dari Pastor Paroki Santa Veronika Kaiwatu yakni Pastor Fransiskus Mandagi MSC bersama Pengurus DPPS inti.

Kunjungan ini adalah bentuk Pastor Paroki mendekatkan diri dengan umatnya. “Saya senang karena bisa hadir langsung di tengah-tengah umat,” ujar imam Tarekat MSC ini.

Lebih terasa istimewa karena perjumpaan ini dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Pastor Frans, demikian dia biasa disapa akrab. Misa hari itu bertepatan dengan Gereja Katolik Universal merayakan Pesta Santo Yakobus, Rasul.

“Saya menggunakan kasula merah, karena hari kita merayakan Pesta St. Yakobus Rasul,” buka Pastor Frans di awal homilinya.

Pembagian buku “Satuta Keuskupan Manado” oleh Pastor Frans MSC.

Usai misa, kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan perkenalan para anggota pengurus Wilayah Rohani St. Dominikus, mulai dari para Penasehat, Pengurus Inti sampai Seksi-Seksi yang ada. Kemudian Ketua Wilayah memberi gambaran umum keadaan jumlah KK dan jumlah jiwa.

Saat perkenalan per keluarga, ada hal yang special. Itu karena dalam rangka Pesta Pelindung dan HUT Wilayah St. Dominikus yang nanti jatuh tanggal 8 Agustus. Karena itu,  maka setiap keluarga di Wilayah mendapat hadiah satu buku Statusa Keuskupan Manado.

32 KK secara bergiliran menerima buku Statuta yang diserahkan bergantian oleh Pastor Paroki, DPPS dan Ketua Wilayah Rohani. Pastor berpesan agar Statuta dibaca dan dipahami. “Setiap ibadat atau pertemuan Wilayah harap dibacakan satu atau dua pasal dalam Statuta,” pinta Pastor Frans.

Umat diimbau membaca buku “Statuta Keuskupan Manado”.

Ketua Wilayah juga berpesan agar Umat membaca Statuta Keuskupan Manado. “Saya mengutip apa yang Uskup sampaikan dalam Pendahuluan di Buku Statuta halaman 6: Kalau Statuta ini tidak dibaca dan dipelajari, bagaimana mau dilaksanakan,” tutup Ketua Wilayah.

Sesudah penyerahan Statuta acara dilanjutkan dengan wawan hati dan tanya jawab singkat Pastor Paroki bersama umat. Acara ditutup dengan ramah tamah. “Saya senang dengan kehadiran umat yang begitu banyak,” ungkap Pastor Frans dengan penuh sukacita.

Upaya mengenal profil Keuskupan Manado melalui buku “Statuta”.

Paroki baru

Paroki Santa Veronika sendiri baru saja ditetapkan sebagai Paroki pada tanggal 12 Juli 2019. Sebelumnya Paroki Santa Veronika Kaiwatu merupakan Stasi dari Paroki Yesus Gembala Baik Paniki Bawah, Keuskupan Manado.

Di Paroki Santa Veronika Kaiwatu terdapat 10 Wilayah Rohani salah satunya Wilayah Rohani Santo Dominikus. Kunjungan serupa juga akan dibuat di Sembilan Wilayah Rohani dan semua kelompok Kategorial yang ada di Paroki.

Lewat kunjungan ini Pastor Paroki juga terus-menerus memberi Sosialisasi tentang kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MoNev) yang giat dilakukan oleh Keuskupan Manado beberapa waktu ini.

Memberi pelayanan Sakramen Pengurapan-Orang Sakit oleh Pastor Frans MSC.

Lewat kunjungan pastoral ini, sasaran yang hendak dicapai adalah pengenalan dengan Umat secara langsung. Diharapkan dengan mengunjungi keluarga-keluarga, Pastor dapat mengambil bagian dalam keprihatinan, duka, dan kecemasan Umat.

Kunjungan Pastor Paroki St. Veronika Kaiwatu ditutup dengan pelayanan Sakramen Pengurapan Orang Sakit kepada salah satu Umat Wilayah St. Domikus yang sedang sakit, Oma Saartje Natakusuma.

Terima Kasih atas kunjungan Sang Gembala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here