Mgr. Joseph Zhu Baoyu dari Keuskupan Nanyang, Tiongkok: Pasien Tertua Bisa Sembuh dari Coronavirus (Covid-19)

0
352 views
Uskup Emeritus Keuskupan Nanyang Mgr. Zhu Baoyu (98) sembuh dari coronavirus. (Ist)

USKUP Emeritus Keuskupan Nanyang di Tiongkok, Mgr. Joseph Zhu Baoyu (98), jatuh sakit karena infeksi pernfasan terkena virus Covid-19 pada hari Senin, 3 Februari 2020.

Covid-19 ini masuk kategori virus mematikan ini dan “kehadirannya” pertama kali terjadi di Wuhan.

Yang menarik, namun kurang dari delapan hari kemudian, Monsinyur sepuh itu dinyatakan negatif dan sudah bersih dari virus ganas itu.

Ini terjadi pada hari Rabu, 12 Februari 2020. paru-parunya dinyatakan bersih dari infeksi pada hari Senin, 17 Februari 2020.

Mgr. Zhu Baoyu dari Nanyang. (Ist)

Mgr. Zhu juga menderita penyakit lain seperti aritmia dan efusi pleura, dan disembuhkan berkat kateter toraks. Dokter ahli epidemiologi mengatakan bahwa kesembuhannya merupakan kasus luar biasa sebab coronavirus terbukti berakibat fatal bagi orang tua dan pasien dengan kondisi klinis yang rumit.

Tetapi tampaknya, hal itu tidak berlaku bagi Mgr. Zhu.

Tercatat, Mgr. Zhu harus menanggung tahun-tahun sulit karena dipenjara dan kerja keras yang berlangsung di Tiongkok. Ia mengalami hal itu bersama 20 imam dan ratusan suster dari Kongregasi St. Joseph.

Tanggal 19 Maret 1995, Pastor Zhu ditahbiskan menjadi uskup dan menjalankan pelayanannya hingga usia lanjut. Akan tetapi, kesehatan memaksanya untuk pensiun.

Ref:

http://www.asianews.it/news-en/98-year-old-bishop-of-Nanyang-is-the-oldest-patient-to-have-recovered-from-coronavirus-(Video)-49315.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here