Minggu, 29 Maret 2020: Lazarus Dibangkitkan, Yesus Datang Telat?

0
217 views
Ilustrasi: Lazarus. (Ist)

Injil Yoh 11:1-44

KELUARGA Lazarus, Maria dan Marta adalah keluarga yang dekat dengan Yesus. Persahabatan dan persaudaraan yang terjalin membuat Yesus mau datang ketika mendengar Lazarus sakit.

Yesus tahu apa yang akan dilakukan-Nya. Seolah-olah Yesus membiarkan Lazarus meninggal karena penyakit itu. Mengapa Yesus tidak datang lebih awal, agar Lazarus tidak meninggal?

Hal ini diungkapkan Marta: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.” Sudah empat hari Lazarus mati dan dimakamkan. Sepertinya tak ada guna Yesus datang. Memahami kegundahan Marta Yesus berkata: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku ia akan hidup, walaupun ia sudah mati.”

Bagi Allah tak ada yang mustahil. Dan Allah selalu membuat segala sesuatu baik dan indah pada waktunya. Empat hari seolah Yesus terlambat datang, tapi justru menjadi waktu kairos, saat keselamatan.

Asal kita percaya, kepada kasih dan penyelenggaraan Allah, tak ada yang terlambat bagi Tuhan.

Yesus sedih dan terharu karena kematian Lazarus orang kekasih-Nya. Kasih dan kemurahan Tuhan Yesus selalu menyertai keluarga ini. Empat hari yang terlambat menurut manusia, menjadi berkat, kairos di hadapan Allah. Lazarus dibangkitkan.

Dalam situasi sulit ini, dengan durasi waktu yang sudah cukup lama, kita merasa ada dalam situasi sedih, situasi kematian.

Bisa jadi kita berkata seperti Marta: “Tuhan, kalau Engkau ada di sini, pasti kami tak mengalami musibah ini.”

Tuhan mempunyai rencana yang berbeda dengan rencana kita. Bahkan doa-doa kita dijawab-Nya dengan jawaban yang tidak kita harapkan.

Tapi kita mesti yakin dan percaya, Yesus yang adalah Kebangkitan dan Hidup akan melepaskan kita dari situasi virus korona yang membelenggu kita ini.

Dan Dia akan membaharui wajah bumi ini, dan memberikan waktu rahmat bagi yang percaya kepada-Nya.

Bagi Tuhan tak ada kata terlambat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here