Pelita Hati: 16.05.2019 – Beriman dalam Kerendahan Hati

0
758 views

Bacaan Yohanes 13:16-20

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya. Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku.” (Yoh 13:16-17, 20)

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini merupakan lanjutan dari nasehat Yesus kepada para murid setelah Tuhan membasuh kaki mereka dalam pesta perjamuan terakhir.  Yesus menasehatkan  tentang dua keutamaan dasar yang harus dimiliki murid-murid-Nya,  yaitu kerendahan hati dan ketaatan. Kerendahan hati dihayati seperti seorang hamba yang siap sedia malaksanakan perintah tuannya. Seorang hamba akan selalu mendahulukan tuannya dalam segala hal. Demikian juga dalam hidup bersesama kita hendaknya mengutamakan orang lain, bukan mementingkan diri sendiri. Inilah inti dari kerendahan hati. Kemudian Yesus menasehati para murid untuk memiliki sikap taat dengan menerima Yesus sebagai utusan Bapa. Kitapun dituntut untuk menjaga komitmen iman kita dalam situasi apa pun. Tuhan tak menuntut kita apa-apa, kecuali agar kita tetap taat dan setia. 

Sahabat terkasih, 

Antara kerendahan hati dan kesetiaan bagaikan mata uang dengan dua sisi, saling mengandaikan dan ada bersama. Orang yang rendah hati selalu menaruhkan iman dan kepercayaannya kepada Tuhan. Sebaliknya semakin beriman orang akan semakin rendah hati. Kesombongan dan congkak hati dipastikan tak akan mendapat tempat di hati Tuhan karena jalan Tuhan adalah jalan kerendahan hati.

Ini bukan sembarang pelabuhan,
pelabuhan cinta kekasih idaman.
Mampukan kami ya Tuhan,
taat dan setia dalam beriman.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here