Pelita Hati: 26.01.2020 – Segera Meninggalkan Jala

0
464 views

Bacaan Matius 4:12-23

Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. (Mat.4:18-20)

Sahabat pelita hati,

ADA tiga pokok pewartaan pelita sabda hari ini, yakni

(1) Yesus memulai karya-Nya dengan mewartakan “Bertobatlah sebab Kerajaan Allah sudah dekat,”
(2) Yesus memanggil murid-murid-Nya yang pertama dan
(3) karya-karya-Nya ditandai dengan mengajar serta menyembuhkan aneka macam penyakit.

Secara singkat misi dari karya Yesus adalah mengajak umat untuk membangun sikap tobat dengan aneka pengajaran dan penyembuhan dan dalam karya pewartaan-Nya Ia dibantu oleh murid-murid pilihan-Nya.

Sahabat terkasih,

Jika kita memperhatikan kisah panggilan para murid pertama ada satu sikap yang perlu diteladani yakni kesiapsediaan mereka untuk mengikuti Yesus, mereka tak menunda-nunda tetapi segera meninggalkan pekerjaannya. Demi menanggapi dan mengikuti panggilan Tuhan, mereka segera meninggalkan kesibukannya. Mereka tak perlu lagi mempertimbangkan aktivitas rutinnya, demi menanggapi panggilan Tuhan. Inilah contoh nyata seorang beriman yaitu siap menanggapi panggilan Tuhan kapan pun dan di mana pun. Tuhan tak menuntut lebih dari kita kecuali kesanggupan dan kesediaan kita berkerja di ladang anggur-Nya. Apakah kita telah dengan sungguh-sungguh menghayati panggilan, tugas dan tanggungjawab kita dengan sepenuh hati? Semangat hari Minggu.

Jalan-jalan ke Ibu Kota,
mengenang kisah kasih dan cinta.
Tuhan tak menuntut kemampuan kita,
tetapi kesanggupan kita.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang
Berkah Dalem ** Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here