Pelita Hati: 28.03.2020 – Pantang Mundur

0
452 views

Bacaan Yohanes 7:40-53  

Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: “Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.” Yang lain berkata: “Ia ini Mesias.” Tetapi yang lain lagi berkata: “Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!  Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia. Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorang pun yang berani menyentuh-Nya. (Yoh 7:40-42.44)

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini menggambarkan secara terang-benderang penilaian dan penghakiman orang-orang Yahudi terhadap Yesus dan pewaartaan-Nya. Mereka tidak melihat apa yang dikerjakan Tuhan tetapi mempermasalahkan latar belakang dan asal-usul-Nya. Ketika banyak  orang bahwa Yesus benar-benar datang dari Allah karena karya-karya-Nya sungguh istimewa,  para ahli Taurat justru menuduh dan menghakimi-Nya dengan menunjuk ayat-ayat suci yang menyatakan bahwa  tidak ada nabi yang datang dari Galilea (bdk.ay.42). Ayat suci dipakai sebagai alat untuk melegitimasi tuduhan mereka, tentu disertai rasa benci yang berlebih. 

Sahabat terkasih,,

Pesan utama pelita sabda ini adalah perlunya sikap teguh dan tegar terhadap aneka tantangan hidup yang kita hadapi sehari-hari. Tak boleh mundur, harus tegak berdiri sambil menyandarkan diri kita kepada Tuhan sebagai Sang Pokok kehidupan.

Ke Palembang membeli duku,
duku manis kesukaanku,
Tuhanlah penopang hidupku,
benteng dan gunung batuku.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here