Pelita Hati: 31.08.2018 – Berjaga dengan Bijaksana

0
668 views

Bacaan Matius 25:1-13

SAHABAT-SAHABAT pelita hati,

Kini kita berjumpa dengan kisah tentang “Gadis-gadis yang bijaksana dan Gadis-gadis yang bodoh.” Mereka sama-sama bersiap menyongsong sang mempelai yang mau datang. Yang lima membawa persediaan minyak dan yang lain tidak membawanya. Singkat cerita, ketika mepelai datang lima gadis bodoh harus membeli minyak sehingga tidak dapat masuk dalam pesta perjamuan nikah. Inilah kebodohan mereka, tak membawa minyak untuk kebutuhan pelitanya.

Sahabat terkasih,

Hidup kita di dunia ini adalah hidup  untuk berjaga menantikan ‘datangnya sang mempelai’ yang tidak dapat kita duga saatnya. Bekal minyak untuk pelita hidup kita adalah beragam keutamaan hidup yang harus kita bawa kemana pun kita pergi. Hidup dalam keluarga, di lingkungan kantor/pekerjaan, di lingkungan Gereja dan di tengah-tengah masyarakat adalah tempat kita menimbun ‘minyak kehidupan’ itu. Semakin banyak kita hidup dalam keutamaan dan menebar kebaikan sejatinya kita sedang menimbun bekal bagi perjamuan abadi di kelak kemudian hari. Jangan biarkan hidup kita menjadi sia-sia seperti kelima gadis bodoh yang tak membawa minyak di buli-buli mereka.

Karena itu marilah kita gunakan sepanjang waktu dan hidup kita untuk menimbun minyak keutamaan agar pada saatnya kita dilayakkan dan diikutsertakan dalam pesta perjamuan Sang Mempelai di kerajaan-Nya. Seberapa banyak minyak kehidupan yang telah kita miliki? Kita masing-masing yang dapat menjawabnya. Terpenting adalah jangan kita lelah mengusahakan dan menjaganya. Semoga pelita sabda yang tersaji di setiap awal hari dapat menjadi pelita hati yang mengiringi perjalanan dan peziarahan hidup kita setiap hari sambil berharap agar minyak kehidupan dan keutamaan kita semakin berlipat ganda. Semoga.

Duduk santai di pelabuhan,
nikmati laut sambil memancing ikan.
Berjaga di dalam Tuhan,
perbanyak perbuatan kebaikan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here