Pemain Cadangan

0
191 views

Puncta 14.05.19
Pesta St. Matias Rasul
Yohanes 15:9-17

DALAM suatu pertandingan sepak bola, selalu ada pemain cadangan. Pemain cadangan itu bukan hanya pengganti pemain utama, tetapi dia dikeluarkan pada saat-saat situasi kritis. Kadangkala justru pemain cadangan dapat menjadi inspirasi bagi pemain-pemain lainnya. Seperti Wijnaldum, pemain ini baru dikeluarkan oleh Klopp pada babak kedua saat Liverpool melawan Barcelona. Dia menyumbangkan dua dari 4 gol untuk Liverpool dan berhasil menumbangkan Barca dengan agregat 4-3. Sehingga Liverpool berhasil maju ke final Liga Champion. Pemain cadangan sama pentingnya dengan pemain utama.

Hari ini Gereja merayakan Pesta Santo Matias, Rasul. Ia dipilih untuk menggantikan kedudukan Yudas Iskariot yang telah mati. Ada dua orang yang diusulkan yakni Yustus dan Matias. Setelah diundi ternyata Matias yang terpilih. Sebelum melakukan undi, mereka semua berdoa mohon terang Roh Kudus. Akhirnya Matias ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

Yang menarik adalah persyaratan menjadi pengganti rasul yakni, “Harus ditambahkan kepada kami satu orang yang dipilih dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke surga meninggalkan kami. Bersama kami ia harus menjadi saksi tentang kebangkitan Yesus”.

Para rasul adalah saksi mata langsung akan peristiwa-peristiwa Yesus, mulai dari Yesus dibaptis oleh Yohanes sampai Ia terangkat ke surga. Maka pengganti rasul juga haruslah orang yang dekat dengan Yesus dan menyaksikan karyaNya sampai Ia kembali kepada BapaNya. Kesaksiannya sungguh valid tak terbantahkan karena mereka melihat langsung dan selalu mengikuti Yesus.

Yesus menyebut mereka sebagai sahabat-sahabatNya karena kedekatan mereka. “Kamu adalah sahabatKu, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak lagi menyebut kamu hamba, sebab hamba tidak tahu apa yang diperbuat oleh tuannya. Tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepadamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari BapaKu”. Sadarkah bahwa kita ini adalah sahabat-sahabat Yesus? Apakah perbuatan kita adalah wujud dari melaksanakan perintahNya?

Main bola di tengah lapangan
Bola melambung tinggi ke angkasa
Kita ini sahabat-sahabat Tuhan
Kalau kita melaksanakan perintahNya

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here