Perayaan Paskah 2019 TNI/POLRI di Keuskupan Agung Pontianak: TNI/POLRI, Jadilah Saksi Paskah tentang NKRI

0
1,312 views
Sukacita bersama segenap anggota TNI dari tiga matra AD-AL-AU dan Polri di Kalbar karena mendapat atensi serius akan pentingnya reksa rohani bagi segenap anggota militer dan polisi beragama Katolik dari Uskup Agung KAP Mgr. Agustinus Agus. (Sr. Maria Seba SFIC)


KELUARGA besar Pastoral TNI/POLRI Ordinariat Militer Indonesia (OCI) Garnisun Pontianak untuk pertama kalinya menggelar Perayaan Paskah Bersama.

Misa Paskah bagi segenap anggota TNI/POLRI beserta keluarga ini berlangsung di Gereja Paroki Santa Sesilia Komplek Persekolahan Gembala Baik depan Polda Kalbar, Jumat, 3 Mei 2019.

Suasana keakraban dan persaudaraan sukacita Paskah antar anggota TNI/POLRI ini disatukan dalam seremonial Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus. Di altar misa, beliau didampingi:

  • Vikjen KAP Pastor Dr. Wiliam Chang OFMCap;
  • Pasbanmilpol OCI Pastor Rofinus Neto Wuli Pr.
  • Pastor Alexius Alex Pr.
  • Pastor John Wahyudi OFMCap.
  • Pastor Timothius Sinaga OFMCap.
  • Pastor Bernard CDD.
Perayaan Ekaristi dalam rangka Paskah Bersama untuk segenap anggota TNI-Polri se Garnisun Pontianak, Keuskupan Agung Pontianak. (Sr. Maria Seba SFIC)
Prosesi persembahan oleh wakil anggota TNI-Polri perempuan dan lelaki –semua berseragam “tempur lapangan”.
Ucapan Selamat Paskah dari Uskup Agung KAP Mgr. Agustinus Agus untuk para prajurit TNI di bangku depan dalam Perayaan Ekaristi Paskah Bersama uuntuk segenap anggota TNI-Polri Katolik se Garnisun Pontianak.

Perayaan yang mengusung tema “Kebangkitan Kristus Menjadi Sumber Motivasi bagi TNI/POLRI dalam Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Demokratis penuh Damai” ini dihadiri oleh:

  • Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab.
  • Danlanud Supadio Pontianak Marsekal Pertama TNI Palito Sitorus.
  • Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani.
Bapak Uskup Agung KAP Mgr. Agustinus Agus dengan para pejabat utama dari lingkungan Kodam Tanjungpura, Polda Kalbar, Lanud Soepadio, dan lainnya. Ini sesi foto usai Perayaan Ekaristi dalam rangka Paskah Bersama anggota TNI-Polri Katolik.

Kapaldam XII/Tpr Kol. Cpl Octovianus Oscar Engelberth berhalangan hadir.

Hadir pula para biarawan/biarawati turut memberikan doa dan dukungan atas terselenggaranya Perayaan Paskah ini.

Menurut Ketua Panitia Perayaan Paskah TNI/POLRI 2019, Letkol TNI Amansius, gagasan awal terlaksananya Kegiatan Paskah Bersama ini muncul atas inisiatif dan dukungan dari Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus.

Uskup Agus mengatakan bahwa momen Perayaan Paskah bersama ini merupakan wujud kebersamaan, persaudaraan yang perlu dirawat guna membangun sinergisitas dan soliditas antara TNI-POLRI.

“Saya ingin ada kebersamaan, karena jarang sekali TNI dan POLRI memiliki waktu bisa berkumpul seperti ini terbentur dengan kesibukan tugas masing-masing,” ungkapnya.  

Perayaan Paskah Bersama untuk segenap anggota TNI-Polri Katolik se Garnisun di Keuskupan Agung Pontianak yang diawali dengan Perayaan Ekaristi. (Sr. Maria Seba SFIC)

Menurut Uskup Agus, TNI dan POLRI adalah garda terdepan yang bertugas untuk menjaga keamanan dan membela negara, keutuhan NKRI. Oleh karena itu, TNI/POLRI perlu dibekali dan dibina hidup kerohaniannya, secara khusus bagi mereka yang beragama Katolik.

“Tugas ini sangat berat. Mereka membutuhkan dukungan rohani dari para gembala gereja sehingga mereka mampu menjalankan tugas dengan baik,” ungkapnya.

Pastor reksa rohani untuk TNI-Polri

Berdasarkan pernyataan tersebut, uskup yang piawai berpantun ini mendukung penuh berpartisipasi aktif Gereja Katolik yang turut memberikan pelayanan rohani bagi umatnya yang menjadi anggota TNI/POLRI.

“Setahun yang lalu, saya sebagai uskup telah berjanji, akan memberikan pastor khusus untuk melayani dan membimbing hidup rohani para TNI/POLRI di Wilayah Keuskupan Agung Pontianak,“ kata Mgr. Agustinus Agus.

Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus bersama Pangdam Tanjungpura Mayjen TN Herman
Asaribab, Danlanud Soepadio Marsekal Pertama TNI Palito Sitorus, dan Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani. (Sr. Maria Seba SFIC)
Paskahan Bersama dengan semua anggota TNI-Polri Katolik se Garnizun Pontianak. Acara ini dihadiri oleh Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, Pangdam Tanjungpura Mayjen TNI Herman Asaribab, dan Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani. (Sr. Maria Seba SFIC)

“Pada hari ini, saya menepati janji saya itu dengan resmi telah mengangkat Pastor Laurentius Prasetyo CDD untuk periode tiga tahun ke depan 2019-2021mengemban tugas reksa rohani untuk para anggota TNI-Polri yang beriman Katolik,” ungkapnya memberi sambutan.

Satu petugas TNI membacakan surat keputusan Uskup KAP tentang penugasan Pastor Laurentius Prasetyo CDD sebagai Pastor Militer TNI/POLRI di Garnisun Wilayah Keuskupan Agung Pontianak. 

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab, Danlanud Supadio Pontianak Marsma TNI Palito Sitorus, dan Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani.

Pastor Bantuan Militer dan Polisi (PASBANMILPOL) Keuskupan TNI/Polri (Ordinariat Militer Indonesia/OCI), Pastor Rofinus Neto Wuli Pr, menyerahkan buku bertitel “Spirit Kebangsaan Prajurit” kepada Pangdam Tanjungpura Mayjen TNI Herman Asabibab (atas), dan kepada Mgr. Agustinus Agus. Tidak tampak dalam foto peristiwa pemberian buku yang sama kepada Danlanud Soepadio Marsma TNI Palito Sitorus dan Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani.

Perhatian Gereja Katolik

Jajaran TNI dan POLRI ini berpendapat bahwa upaya guna menyatukan sinergi bersama untuk memperkuat markas pertahanan TNI/POLRI yang berlandaskan iman Katolik melalui Perayaan Paskah bersama ini merupakan wujud kepeduliaan Gereja Katolik terhadap TNI/POLRI agar pembinaan rohani ini tetap terjaga dan berjalan dengan baik.

“Dukungan dan teladan dari Uskup, para Pastor sebagai pemimpin dan gembala kita merupakan salah satu wujud yang mungkin menjadi warna untuk kita juga nanti ketika kita memimpin dan berdiri di depan masyarakat untuk menjadi motivator, menjadi garam dan terang dunia,” demikian diungkapkan oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab.

Buku dari Keuskupan Ordinariat Militer Indonesia (OCI) untuk para komandan TNI-Polri di Kalbar: (Ki-ka) Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handyani, Pastor Rofinus Pr, Mgr. Agustinus Agus, Pangdam Tanjungpura Mayjen TNI Herman Asaribab, dan Danlanud Soepadio Marsma TNI Polito Sitorus.

Pastor Bantuan Militer dan Polisi (PASBANMILPOL) Keuskupan TNI/Polri (Ordinariat Militer Indonesia/OCI), Pastor Rofinus Neto Wuli Pr, dalam sambutannya menyampaikan salam dan berkat dari Uskup TNI/POLRI-Ordinariat Militer Indonesia/OCI, Mgr.Ignatius Suharyo kepada segenap anggota TNI/POLRI di Wilayah KAP yang merayakan Paskah Bersama.

Dalam kesempatan ini pula, Pastor Rofinus menyerahkan buku yang berjudul Spirit Kebangsaan Prajurit kepada Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab, Danlanud Supadio Pontianak Marsma TNI Palito Sitorus, dan Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani.

“Buku ini berisi tentang seluruh spirit kebangsaan kita sebagai prajurit dalam perspektif spirituali militum curae (reksa rohani untuk para anggota keamanan) dan di dalam buku ini banyak foto-foto kegiatan OCI di Wilayah Keuskupan Agung Pontianak,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah-tamah dan hiburan di aula paroki samping Gereja Santa Sesilia Pontianak. 

Bapak Uskup KAP Mgr. Agustinus Agus dan para imam selebran dalam Perayaan Ekaristi Paskahan Bersama anggota TNI-Polri dari tiga matra, serta para komandan lapangan dari tiga matra TNI dan Polri.
Sukacita bersama segenap anggota TNI dari tiga matra AD-AL-AU dan Polri di Kalbar karena mendapat atensi serius akan pentingnya reksa rohani bagi segenap anggota militer dari ketiga matra (AD-AL-AU) dan polisi beragama Katolik dari dari Uskup Agung KAP Mgr. Agustinus Agus. (Sr. Maria Seba SFIC)

Kredit foto: Sr. Maria Seba SFIC (Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here