Percik Inspirasi: St. Yohanes Krisostomus

0
168 views
St. Yohanes Krisostomus 2

MENGENANG dan merenungkan riwayat serta keteladanan hidup Santo Yohanes Krisostomus yang diperingati hari ini 13 September, ada banyak kata-kata mutiara yang diwariskannya kepada kita. Kata-kata itu merupakan hasil permenungannya.

Berikut saya sampaikan beberapa hal yang bagus untuk permenungan kita saat ini terkait dengan kehadiran kita di gereja, hidup doa, dosa dan pertobatan:

Kehadiran di gereja
“Ketika kalian berada di depan altar di mana Kristus hadir, jangan lagi beranggapan bahwa kalian berada di antara manusia; tetapi yakinlah bahwa bala tentara malaikat serta malaikat agung berdiri di sampingmu, dan dengan gemetar karena hormat berada di hadapan Pencipta Langit dan Bumi yang Mahakuasa.

Oleh sebab itu, ketika kalian berada dalam Gereja, hadirlah di sana dalam keheningan, dengan khidmad, dan khusuk.”

Hidup doa
“Tidak ada seorang yang dapat beralasan tidak berdoa dengan dalih dipenuhi kesibukan sehari-hari atau tidak dapat berada di gereja.

Di mana pun, tidak peduli di mana kamu menemukan dirimu, kamu dapat menegakkan sebuah altar kepada Allah dalam hatimu dengan cara berdoa .”

Berdosa
“Merasa malulah kamu ketika berbuat dosa, bukan ketika kamu bertobat. Di sini ada dua hal yaitu dosa dan pertobatan.

Dosa adalah luka, pertobatan adalah obat. Dosa diiringi dengan rasa malu; pertobatan diiringi dengan keberanian.

Iblis telah menipumu tentang kenyataan ini dan justru memberimu keberanian untuk berbuat dosa serta rasa malu untuk bertobat.”

Bertobat
“Apakah kamu berbuat dosa? Masuklah ke Gereja dan bertobatlah dari dosa-dosamu, karena di sini menyediakan Tabibnya, bukan untuk menghakimimu, di sini tidak ada proses investigasi, dan seseorang menerima pengampunan dosanya.”

Pertanyaan refleksinya: Bagaimana pengalaman Anda terkait dengan kehadiran di gereja, hidup doa, dosa dan pertobatan Anda selama ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here