Puncta 22.07.19 Pesta St. Maria Magdalena Yoh 20:1-2.11-18: Apalah Artinya Sebuah Nama?

0
475 views
Ilustrasi Maria Magdalena by Getty Images.

DRAMA Cinta Romeo dan Juliet sungguh terkenal. Ada banyak kalimat yang bagus di dalam dialog kisah cinta itu.

Tetapi yang paling terkenal adalah kata-kata Juliet, “Hanya namamu yang menjadi musuhku. Tetapi kau tetap dirimu sendiri di mataku, bukan Montague.

Apa itu Montague? Ia bukan tangan, bukan kaki, bukan lengan, bukan wajah atau apapun dari tubuh seseorang. Jadilah nama yang lain.

Apalah arti sebuah nama? Harum mawar tetaplah harum mawar, kalaupun mawar berganti dengan nama yang lain. Ia tetap bernilai sendiri, sempurna, dan harum tanpa harus bernama mawar.

Romeo, tanggalkanlah namamu. Untuk mengganti nama yang bukan bagian dari dirimumu. Ambilah diriku seluruhnya.”

Nama Romeo menjadi penghambat cinta yang tumbuh diantara mereka. Keluarga Juliet tidak mau menerima Romeo yang berasal dari Suku Montague. Sedang Juliet berasal dari keluarga Capulet.

Kedua suku ini bermusuhan.

Nama bukan hanya sekedar nama. Nama adalah identitas. Nama mempunyai makna yang dalam. Seseorang dipanggil Slamet atau Bejo tentulah ada makna yang terkandung di dalamnya.

Sekali lagi nama adalah karakter, ciri, identitas bagi seseorang.

Hari ini kita merayakan Pesta St. Maria Magdalena. Nama ini sangat dekat dengan Yesus. Ada relasi kuat diantara keduanya. Maka ketika Yesus mati, Maria sangat sedih. Ia kehilangan seseorang yang sangat dicintainya.

Lirik lagu Maria Magdalena ini menggambarkan bagaimana cintanya kepada Yesus. I don’t know how to love him. What to do, how to move him. I’ve been changed, yes really changed. In these past few days. When I’ve seen myself. I seem like someone else.

Maka ketika dia dalam keadaan bingung, galau, frustrasi, putus asa, Yesus memanggil namanya, “Maria.”

Dia langsung hapal dengan suara khas itu. Dia langsung mengenali siapa yang menyebut namanya. Dia langsung menjawab, “Rabuni.”

Orang yang tahu nama panggilan kita pastilah orang itu sangat dekat dan kenal dengan kita. kita sangat bersukacita kalau orang memanggil nama kita. itu menunjukkan relasi kuat diantara keduanya.

Apakah kita juga punya relasi yang akrab dengan Yesus seperti Maria Magdalena?

Rujak mangga pakai merica
Dijual di Pasar Mangga Dua
Betapa sukacita hati kita
Kalau dicintai seseorang yang merindukan kita

Berkah Dalem,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here