Renungan Harian Jumat, 8 November 2019 Luk. 16:1-8: Cerdik

1
671 views

Arti kata Cerdik di KBBI adalah: cepat mengerti (tentang situasi dan sebagainya) dan pandai mencari pemecahannya dan sebagainya.

Definisi kata cerdik tersebut di atas membantu kita untuk memahami bacaan Injil yang kita renungkan pada hari ini. Bendahara yang tidak jujur dipuji oleh tuannya karena bertindak dengan cerdik. Bendahara ini dipuji karena kecerdikannya.

Ia mengerti situasi yang akan dialaminya bahwa ia akan dipecat. Dalam situasi macam ini ia pandai mencari jalan pemecahannya supaya ia tidak menderita. Ia seorang bendahara yang cerdik.

Dalam urusan duniawi ini kita akan berhadapan dengan berbagai macam kesulitan dan tantangan. Dalam situasi yang tidak mudah ini kita diajak untuk mencari solusi atau jalan keluarnya. Kita harus cerdik.

Kalau dalam masalah duniawi saja kita harus cerdik, apa lagi dalam masalah rohani. Dalam masalah hidup rohani kita juga harus cerdik. Kita bisa mengatakan bahwa hidup rohani ini penting. Tetapi hidup rohani yang penting ini kita perjuangkan dengan cerdik atau tidak?

Kadang kita lupa bahwa hidup rohani ini harus kita perjuangkan dengan serius. Kalau urusan duniawi ini anak anak dunia ini lebih cerdik, maka dalam urusan rohani, sebagai anak-anak terang kita dituntut untuk lebih cerdik lagi. Untuk urusan duniawi saja kita serius, apa lagi dalam urusan sorgawi, kita dituntut untuk lebih serius.

Tuhan memberkati anda sekeluarga.@diopr

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here