RIP Mgr. Angelo Moreschi karena Terpapar Coronavirus

0
143 views
RIP Mgr Moreschi SDB karena coronavirus

INI mungkin menjadi korban tewas pertama di kalangan pejabat tinggi Gereja Katolik di seluruh kawasan Afrika karena terpapar oleh coronavirus atau Covid-19.

Mgr. Angelo Moreschi (67) resmi dinyatakan meninggal dunia karena covid-19 pada tanggal 25 Maret waktu Italia.

Almarhum adalah uskup misionaris dari Italia dan menjadi Ordinaris untuk Vikariat Apostolik Gambella. Jumlah umatnya tidak kurang dari 25 ribu orang.

Keuskupan Gambella berada di wilayah barat Ethiopia.

Yang menarik, almarhum Mgr. Moreschi ini meninggal dunia tidak di wilayah Vikariat Apostolik di  Gambella. Ia meninggal di Brescia di Lombardia di wilayah Utara Italia –pusat pandemi coronavirus di Negeri Pizza ini.

Ia adalah imam Salesian (SDB) dan telah berkarya sebagai imam misionaris di Ethiopia sejak tahun 1991.

Tahbisan episkopalnya diterima di bulan Januari 2010.

“Kami menyatakan berduka cita atas meninggalnya Uskup Moreschi SDB di Brescia karena coronavirus,” demikian bunyi pertanyaan resmi Generalat SDB menyikapi peristiwa kematian salah satu anggotanya yang kebetulan seorang Uskup ini.

Sebagai misionaris di Ethiopia, almarhum Mgr. Moreschi SDB dikenal dengan sebutan lokal “Abba” yang artinya Bapa lantaran kegiatannya dalam pendampingan orang-orang muda dan kaum papa.

Almarhum Mgr. Moreschi telah membukukan sejarah imamatnya selama 38 tahun, 46 tahun sebagai seorang Salesian, dan 10 tahun sebagai Uskup.

PS: Diolah dari Catholic Herald.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here