Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama KAS: Dari Kongres ke Srawung (2)

0
169 views
Penggiat srawung.

SRAWUNG  Persaudaraan Sejati sendiri merupakan modifikasi dari Kongres Persaudaraan Sejati yang dilaksanakan 24-26 Oktober 2014. Empat tahun kemudian, Kongres menjadi Srawung dengan konsentrasi dan fokus subjek orang muda lintas agama.

Tujuannya untuk merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam semangat persaudaraan dalam keberagaman. Buah yang diharapkan adalah peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaan kita.

Gerakan ini menjadi program DKP KAS dalam rangka Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang (RIKAS) 2016-235. Bahkan, kita sudah mulai sejak empat tahun yang lalu melalui Kongres Persaudaraan Sejati Lintas Agama di Muntilan, 24-26 Oktober 2014. Maka dari itu, yang terjadi sekarang ini adalah kelanjutan dari gerakan yang pertama dengan subjek dan fokus orang muda.

Empat tahun yang lalu, orang muda terlibat sebagai panitia, sementara pesertanya adalah orang dewasa. Kali ini, baik panitia maupun peserta adalah orang muda.

Frasa Srawung Orang Muda Lintas Agama sudah digemakan dan dilaksanakan oleh Kom HAK KAS sejak tahun 2017 yang lalu dalam berbagai gerakan dan peristiwa di empat kota, yakni Semarang, Surakarta, Muntilan, dan Yogyakarta.

Gerakan Srawung Orang Muda Lintas Agama tersebut menjadi bagian dalam mendukung peristiwa 7th Asian Youth Day (AYD) 2017 di Yogyakarta. Kala itu, Keuskupan Agung Semarang menjadi tuan rumah dan penyelenggara 7th AYD 2017. Dalam konteks itu, Kom HAK KAS mengadakan safari Srawung Orang Muda Lintas Agama bersinergi dengan para pelaku seni dan budaya dan berbagai komunitas di Semarang, Surakarta, Muntilan dan Yogyakarta.

Puncak Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama KAS (1)

Karena itu, bisa dikatakan, Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama Se-KAS ini menjadi perpaduan tindak lanjut dua peristiwa 2017 yakni Srawung Orang Muda Lintas Agama yang dilaksanakan oleh Kom HAK KAS dan AYD 2017 yang diselenggarakan oleh Komkep KAS.

Sinergi itu ditopang oleh mandat DPK KAS yang memberikan kepercayaan kepada Kom HAK KAS dan Komkep KAS untuk menjadi penyelenggara Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama Se-KAS ini dalam kerja sama sinergis dengan komunitas-komunitas lintas agama Jateng-DIY. (Berlanjut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here