Susteran OSF Gedangan, Jejak RS Pertama di Semarang (2)

1
438 views
Perayaan peringatan 150 tahun kehadiran Kongregasi Suster OSF Semarang di Indonesia (Panitia)

SEMENTARA ini banyak orang menyebutkan, bahwa rumah sakit tertua di Semarang adalah RS Wira Bhakti atau Rumah Sakit Tentara. Dulunya, RS Tentara ini disebut Juliana Zienkenhuis.

Namun bila menilik tahun yang ada, maka sebenarnya fasilitas rumah sakit yang paling tua di Semarang adalah yang pernah didirikan VOC.

Itu bisa didasarkan pada batu prasasti yang tertempel pada dinding bangunannya di dalam lingkungan Susteran OSF Gedangan Semarang sekarang.

De eerstesteen van dit Hospitaal Gelect door Frederik Julius Coyeti Raad Extraordi st van Net Indie en Comand open land os Java no cust op maand Des 28 Juli 1732.

Dalam bahasa Indonesia, teks berbahasa Belanda itu berbunyi sebagai berikut: “Batu pertama rumah sakit ini diletakkan oleh Frederik Julius Coyeti anggota Dewan Hindia Komando Pantai Timur Laut Java pada 28 Juli 1732.”

Prasasti pendirian Susteran OSF Gedangan yang awalnya berdiri sebagai rumah sakit. (Mathias Hariyadi)

Dan bangunan itu masih sangat utuh di dalam pagar lingkungan OSF Gedangan.

Kemarin pada tanggal 5 Februari 2020 dan pada puncak selebrasi peringatan 150 tahun pelayanan OSF Gedangan, saya beruntung bisa melihat semua jejak sejarah itu.

Bila saja kita membayangkan masa lalu maka sarana kesehatan ini demikian megahnya. Berlantai dua dan dindingnya tebal-tebal.

Pesta memperingati 150 tahun Kongregasi Suster OSF Semarang di Indonesia. (Johanes Kristiono)
150 tahun Kongregasi Suster OSF Semarang di Indonesia. (Johanes Kristiono)

Museum OSF

Nah, di dalam bangunan dengan struktur paling tua diantara bangunan lain di kompleks Susteran OSF Gedangan inilah sekarang difungsikan sebuah museum.

Isi museum yang dinamakan Rumah Studi Misi OSF Semarang ini adalah cerita sejak awal pelayanan tarekat Suster-suster pengikut Santo Fransiskus Asssi itu.

Mulai dengan cerita rumah sakit, lalu kedatangan 11 biara pertama dari Heythuissen Belanda di Semarang pada 5 Februari 1870 hingga aneka benda yang berkaitan dengan pelayanan susteran.

Dahulu ketika para biara itu datang, aktivitas rumah sakit VOC itu sudah berakhir jauh hari sebelumnya.

Maka di bangunan itulah kemudian difungsikan sebagai biara, panti asuhan yatim piatu, tempat perawatan kesehatan dan juga sekolah.

Sedangkan unit pelayanan klinik bersalin Panti Siwi menyusul berikutnya dan juga telah berhenti beroperasi.

Karena beberapa ruang dipandang bisa difungsikan menjadi museum, maka mulai awal tahun ini penataan dilakukan. Ruang utama rumah sakit VOC itulah yang dipakai.

Isi museum mulai kesejarahan berdirinya OSF Gedangan. Banyak medalion, prasasti ayat suci dari logam dengan bertahtakan batuan mulia, piano tua yang didatangkan dari Belanda atau Inggris, juga perabotan asrama yang semuanya orisinil.

Museum ini masih menyempurnakan penataan dan baru dibuka Maret mendatang.

Di gedung ini pula pernah dibuat film Ave Maryam yang diperankan Maudy Koesnaedi.

Trimakasih sekali lagi kepada Mbak Emmerita Wahyu Prabarini dan para suster yang telah begitu ramah menjelaskan segala hal tentang kesejarahan yang ada.

  • #miksemarwaktuitu
  • #miksemarinfo
  • #miksemarjc2

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here