Tegalrejo, Belitang: Porseni OMK Tujuh Paroki Dekanat II Keuskupan Agung Palembang

0
157 views
Suasana pembukaan Porseni ke-7 OMK (Romo Titus Jatra Kelana Pr)

TENDA-tenda besar bertiang besi dengan atap terpal yang tebal dan sebagian pula beratap seng tampak kokoh terpasang di lapangan, tak jauh dari kompleks Gereja Paroki St. Maria Tak Bernoda Tegalrejo, Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan.

Cuaca sore terasa gerah, matahari tampak terik bersinar dan angin seolah enggan bertiup.

Tampak rombongan Orang Muda Katolik (OMK) dari paroki-paroki yang ada di wilayah Dekanat II Keuskupan Agung Palembang mulai berdatangan.

Disebut Belitugubatu

Ada tujuh paroki yang berada di Dekanat yang dikenal dengan sebutan Belitugubatu (Belitang, Tugumulyo, Baturaja dan Batuputih) ini, yaitu:

  1. Paroki St. Maria Tak Bernoda Tegalrejo
  2. Paroki Para Rasul Kudus Tegalsari.
  3. Paroki St. Maria Assumpta Mojosari.
  4. Paroki Kristus Raja Tugumulyo
  5. Paroki St. Petrus dan Paulus Baturaja.
  6. Paroki Sang Penebus Batuputih.

Ada peristiwa istimewa yang dirayakan oleh seluruh OMK dan umat yang hadir pada  Kamis (4/7) yang lalu.

Tampak lebih dari 600-an OMK berkumpul untuk mengikuti gelaran Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-VII OMK Dekanat II Keuskupan Agung Palembang yang berlangsung pada Kamis-Minggu, 4-7 Juli 2019.

Perayaan Ekaristi pembukaan.

Mereka datang untuk merayakan sukacita dalam perjumpaan sembari mengadakan aneka perlombaan yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu gladi jasmani, gladi rohani dan gladi seni.

Aneka lomba yang termasuk dalam gladi jasmani adalah pertandingan bola voli putra dan putri, badminton tunggal putra dan putri serta ganda campuran, futsal putra dan putri, tarik tambang campuran dan tenis meja.

Kategori kedua adalah perlombaan dalam gladi rohani yaitu lomba lektor, mazmur dan koor. Sedangkan kategori ketiga yaitu gladi seni meliputi lomba stand up comedy, drama, duet dangdut dan lomba cipta lagu.

Tarian penggembira suasana.

“Go Green, Gaul dan Gratia (3G)

Kegiatan dua tahunan yang mengusung tema “Go Green, Gaul dan Gratia (3G): Cintai Teknologi, Kasihi Alam dan Segala CiptaanNya” ini dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Felix Astono Atmaja SCJ, Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Palembang.

Ia didampingi belasan imam konselebran di antaranya adalah Pastor Paroki Tegalrejo Romo Yudha Keswara SCJ, Deken Dekanat II Romo Yohanes Kristianto, dan Moderator OMK Dekanat II Romo Anton Liberto.

Hadir Wakil Bupati.
Pejabat Kabupaten ikut hadir mendukung acara.

Dalam Perayaan Ekaristi pembuka tampak hadir pula Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur Fery Antoni SE, beserta sejumlah pejabat pemerintahan lainnya.

Dalam homilinya, Romo Astono SCJ yang juga pernah bertugas di Paroki Tegalrejo ini menegaskan peran orang muda sebagai generasi penerus yang menjadi tulang punggung Gereja.

Sekarang dan bukan nanti

OMK mesti memiliki semangat dan kesadaran bahwa tugas pengutusan itu bukan dimulai nanti pada masa yang akan datang, tetapi dimulai pada saat ini di manapun kita berada dan dalam situasi apa saja orang muda harus siap mengambil peran sebagai pribadi yang diutus.

Usai Perayaan Ekaristi kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian upacara pembukaan porseni. Di dalamnya disajikan sejumlah tarian tradisional, di antaranya adalah Tari Sambut yang dibawakan oleh para pelajar SMA Xaverius Belitang.

Selain menampilkan sejumlah tarian tradisional, kegiatan ini juga diisi dengan sejumlah sambutan  yang disampaikan oleh Albertus Yosa Crisnanda, selaku Ketua Panitia Pelaksana, dilanjutkan oleh Fery Antoni SE, Wabup OKU Timur dan Romo Yohanes Kristianto selaku Deken Dekanat II.

Dalam sambutannya Wabup berpesan agar OMK mampu menjadi generasi muda yang berkualitas, punya daya juang, berintegritas, mampu berkreatifitas dan berinovasi serta mampu menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggungjawab.

Sedangkan Romo Yohanes Kristianto dalam sambutannya menegaskan agar seluruh OMK dapat sungguh memaknai bahwa gelaran Porseni merupakan wadah perjumpaan bagi kaum muda dalam sukacita yaitu perjumpaan persaudaraan yang membawa kegembiraan. 

Hal tersebut menjadi sesuatu yang penting dan utama untuk disadari dan diperjuangkan terus menerus, karena ada kesan bahwa dalam perjumpaan Porseni nuansa kompetisi justru jauh lebih mengemuka daripada upaya untuk membangun kebersamaan  dan persaudaraan antar orang muda yang menjadi semangat awal lahirnya kegiatan ini.

Usai sambutan-sambutan, rangkaian kegiatan pembukaan Porseni ini dilanjutkan dengan penyerahan Piala Bergilir oleh Romo Astono SCJ kepada ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati OKU Timur, Fery Antoni SE dan Romo Felix Astono Atmaja SCJ, didampingi sejumlah imam, pengurus DPP dan pejabat pemerintahan sebagai tanda dimulainya Porseni Ke-VII OMK Dekanat II, Keuskupan Agung Palembang.

Gelaran Porseni Ke- VII OMK Dekanat II ini direncanakan akan ditutup oleh Mgr. Aloysius Sudarso SCJ, Uskup Agung Keuskupan Agung Palembang pada Minggu (7/7).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here