“The Gunman”, Topeng Keserakahan

0
1,012 views

The Gunman (2015) merupakan film drama aksi arahan Pierre Morel.  Film ini menampilkan Sean Penn sebagai Jim Terrier, Jasmine Trinca sebagai Annie, dan Javier Bardem sebagai Felix. Ketiga artis kawakan ini tampil bersama selama 115 menit dengan kisah yang rumit.

Kisah mengambil konteks peristiwa bantuan kemanusiaan di Kongo pada tahun 2006.  Ternyata dalam usaha bantuan kemanusiaan ke negara berkembang yang sedang dilanda kemelut tersebut, ada kelompok jahat yang mengatas namakan Non-Government Organization (NGO) dan kemanusiaan untuk mengeksploitasi hasil tambang (berlian dan batu berharga lainnya).   Kelompok ini melakukan kekejian yang politik dan manipulasi situasi kemanusiaan demi meraup uang sebanyak-banyaknya.

Adalah Jim Terrier mantan penembak jitu yang membunuh Menteri Pertambangan Kongo.  Ia menebus masa lalunya yang sarat dengan kejahatan dengan sungguh-sungguh mengabdikan diri untuk usaha kemanusiaan.  Tetapi  dalam suatu proyek pengeboran sumur, ia didatangi tiga orang yang seperti kesurupan membabi buta hendak menghabisinya.

Dari situlah masa lalu Jim Terrier bersama orang-orang Barat yang berkedok NGO mulai terkuak.  Jim bermaksud menemukan siapa teman yang sesungguhnya dan siapa yang ingin menikamnya.  Untuk itu Jim membawa penonton kepada satu persatu tokoh yang terlibat dalam kasus pembunuhan dan penguasaan tambang di Kongo 8 tahun sebelumnya.  Jim membawa penonton terbang ke London dan Barcelona dan mengalami konflik yang menegangkan dengan lawan-lawannya.

Kegigihan Jim Terrier untuk membersihkan diri dari ‘dosa’masa lalunya menyeret para politikus dan pengusaha papan atas di Amerika ke penjara.  Kejatahan sistematis yang dibuat 8 tahun yang lalu akhirnya terbongkar.  Mata dunia terbuka bahwa tidak selamanya para orang Barat yang datang ke negara konflik adalah malaikat pembawa damai.  Bendera kesehatan, pembangunan daerah, atau pemberdayaan masyarakat lokal tak jarang dijadikan topeng keserakahan.

Selamat menikmati The Gunman.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here