Turne ke Pedalaman Keuskupan Ketapang: Misi Umat Passionis, 13 Imam dan Lainnya Bersampan ke Stasi Kenyabur, Paroki Menyumbung (7)

0
369 views
Naik sampan klotok dan bermotor menuju Stasi Kenyabur, Paroki Menyumbung, Keuskupan Ketapang. (Ist)

MISI Umat Passionis menjadi  salah satu kegiatan yang diadakan oleh para imam, bruder dan frater religius Kongregasi Passionis (CP) dalam bermisi mewartakan Spiritualitas Kristus Tersalib.

Kegiatan Misi Umat Passionis ini diadakan setiap tahun di beberapa tempat.

Pada tahun 2018 ini, Misi Umat Passionis telah berhasil diselenggarakan untuk pertama kali di wilayah Stasi Kenyabur, Paroki Salib Suci Menyumbung, Keuskupan Ketapang.

Hanya bisa dengan sungai

Stasi Kenyabur merupakan salah satu kampung yang berbatasan langsung dengan wilayah paroki Keuskupan Sanggau.

Jalan masuk menuju stasi tersebut hanya ditempuh melalui jalur sungai, yakni Sungai Kenyabur dan Sungai Kriau.

Kegiatan misi umat di Stasi Kenyabur berlangsung selama kurang lebih empat hari, Kamis-Minggu (26-29 Juli 2018).

Para religius Passionis yang ikut ambil bagian dalam Tim Misi Umat tersebut berjumlah 13 pastor, 2 bruder dan 1 frater CP.

Kedatangan Tim Misi Umat disambut secara meriah dengan upacara ada setempat.

Turne ke Keuskupan Ketapang, Kalbar: Miting, Jalan Sebilah Papan untuk Menapak dan Meniti di atas Kobangan Lumpur (6)

Upacara penyambutan secara adat diawali dengan tarian penyambutan, pengalungan bunga, upacara Pancung Buluh Muda oleh Ketua Tim Misi Umat, serta injak tanah dan telur, lalu berakhir dengan upacara  minum tuak.

Kegiatan Misi  Umat Passionis  di Stasi Kenyabur, Paroki Menyumbung, Keuskupan Ketapang. (Ist)

Setelah disambut dan diterima secara adat, tim misi umat beserta seluruh umat Stasi Kenyabur mengawali kegiatan misi umat dengan Perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Pastur  Antonius Janga CP selaku Ketua Tim Misi Umat Indonesia.

Materi paparan 

Selama kurang lebih empat hari, umat diberi bekal dan pemahaman berupa ceramah dan katekese yang dibawakan oleh beberapa imam anggota Tim Misi Umat.

Ceramah yang dibawakan bicara tentang Hidup Menggereja, Perkawinan Katolik, Hukum Pertanahan yang mengarahkan kepada keutuhan Lingkungan Hidup, pentingnya pendidikan iman anak dan juga di bidang kesehatan.

Selain memberi ceramah dan katekese, diadakan juga Ibadat Jalan Salib keliling kampung yang diadakan pada hari Jumat malam tepat pukul 19.00 WIB. Masing-masing umat membawa obor dalam mengikuti Jalan Salib yang berakhir di Gereja Stasi.

Para religius Kongregasi Passionis (CP) bersama anak-anak bina iman (BIA).

Dalam kegiatan misi umat ini  juga berlangsung acara pemberkatan rumah dan keluarga di seluruh wilayah Stasi Kenyabur yang berjumlah sekitar 300-an kepala keluarga. Dengan demikian,  kehadiran Tim Misi umat bisa bermanfaat bagi  seluruh kampong beserta rumah dan keluarga yang disucikan dengan berkat.

Turne ke Keuskupan Ketapang, Kalbar: Miting, Jalan Sebilah Papan untuk Menapak dan Meniti di atas Kobangan Lumpur (6)

Kegiatan Misi Umat ini secara resmi ditutup dengan Perayaan Ekaristi Kudus pada hari Minggu.

Dalam Perayaan Ekaristi tersebut juga diadakan pembaharuan janji perkawinan bagi pasangan keluarga Katolik.

Sebagai kenangan dari kegiatan Misi Umat yang diadakan di wilayah Stasi Kenyabur diadakan juga penancapan Salib Kenangan Misi Umat.

Semoga dengan diadakannya kegiatan misi umat, iman umat di wilayah Stasi Kenyabur, Paroki Menyumbung di Keuskupan Ketapang bisa semakin diteguhkan. (Bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here