Umat Sedekenat 1 Palembang Hadiri Misa demi Pemilu Lancar, Damai, dan Berkualitas

0
311 views
MIsa demi Pemilu Damai.

“DOA-doa kita ini, kita intensikan khusus agar pelaksanaan pesta demokrasi (pemilu) pada Rabu (17/4) besok berjalan dengan lancar dan damai.”

Hal itu disampaikan oleh Pastor Laurentius Rakidi Pr dalam pengantar misa khusus bagi bangsa dan negara Indonesia menjelang pesta demokrasi.

Tidak sedikit umat yang hadir. Biarawati dan biarawan turut hadir. 20 imam hadir dalam konselebran. Secara istimewa, Pastor Rakidi menumpangkan tangan dan mendoakan umat Keuskupan agung Palembang yang ikut aktif sebagai calon legislatif.

Cinta Tanahair

Pastor Guido Suprapto Pr dalam homilinya mengajak umat untuk berdoa agar pemilu bisa berjalan dengan baik dan berkualitas. Dengan pemilu, kita dapat memilih pemimpin politik yang terbaik.

Gereja Katolik memiliki tradisi baik dan berkomitmen mencintai tanahair. Hal ini telah ditunjukkan oleh para pahlawan melalui contoh dan teladan hidupnya. Gereja Katolik tetap berjuang dan terus mencintai bangsa dan negara Indonesia. Kecintaan ini tetap dipelihara dan menjadi identitas Gereja Katolik Indonesia, jelas Pastor Suprapto.

Ikuti Perayaan Ekaristi demi pemiu 2019 yang damai dan berkualitas.

Sangat relevan dan signifikan

Lebih jauh, Pastor Suprapto mengatakan kita mendoakan bangsa dan negara tidak hanya euforia dan improvisasi semata tetapi lebih sebagai kesadaran yang mendalam yakni sebagai garam dan terang dunia. Umat Katolik terpanggil untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat di mana kita tinggal.

Kehadiran Gereja Katolik di tengah masyarakat sebagai garam dan terang sangat relevan dan signifikan. Kita diundang untuk mensukseskan pemilu agar lancar, damai, berkualitas dan orang terbaik yang terpilih demi kesatuan bangsa dan negara.

Panggilan dan perutusan

Bagi umat Katolik, keterlibatan aktif dalam pesta demokrasi ini untuk memilih presiden dan wakil presiden serta memilih para calon legislatif tidak hanya merupakan hak dan kewajiban tetapi lebih sebagai panggilan dan perutusan, tegas Pastor Prapto.

Segenap umat mengikuti misa untuk ujub pemilu yang damai.

Marilah kita menggunakan hak pilih kita untuk memilih para pemimpin bangsa yang berjuang demi kebaikan bangsa. Pilihlah pemimpin yang lebih bertanggung jawab, bukan pemimpin yang plin-plan dan kurang konsisten.

Dalam Perayaan Ekaristi (Senin, 15/4) di Gereja St. Yoseph Palembang sore kemarin, dengan kelompok koor dari bapak-bapak, Pastor Rakidi berpesan kepada para caleg DPR Kota dan Propinsi dan DPD, “Kalian adalah wakil rakyat, berjuanglah demi kesejahteraan rakyat.”

Para calon wakil rakyat.

Kredit foto: Andreas Sukristiadi dan Endah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here