Uskup Agung Milan Kardinal Angelo Scola Rayakan Natal di Penjara San Vittore (3)

0
2,588 views

MINGGU Natal tanggal 25 Desember pukul 15.00 waktu Italia, Uskup Agung Diosis Milan Kardinal Angelo Scola menyempatkan diri merayakan Natal di Penjara San Vittore. Ikut bersama beliau adalah Wakil Walikota Mariagrazia.

“Setiap orang bertanggung jawab, terutama pada saat ini, untuk mendorong, bahkan dengan pilihan yang akurat dan praktis, sebuah pertobatan, suatu perubahan mentalitas, sebuah cara baru dalam memandang hukuman dan tempat-tempat menjalani hukuman,” sapa Kardinal Scola.

Sang Kardinal menyempatkan diri pergi mengelilingi  kompleks penjara dan berjabat tangan dengan para narapidana dan mendengarkan kisah mereka. Baru kemudian, beliau memimpin perayaan Ekaristi Natal bersama para narapidana.

Dalam homilinya, Kardinal mengutip sejumlah tema. Antara lain kotbahnya mengenai  kondisi krisis finansial Eurozone yang katanya “Jangan sampai mendera warga masyarakat Eropa yang paling miskin di tengah-tengah kita.”

Aneka acara Natalan di Milan

Untuk merayakan Pesta Natal tahun ini, sejumlah gereja paroki di Diosis Agung  Milan mengadakan berbagai kegiatan Natal. Di antaranya edisi ke-40 pembuatan presepio (Kandang Natal) hidup di sebuah lahan luas di kota Venegono oleh Komunitas Paroki “Beato AI Schuster”.

Di sana ditampilkan pentas umat yang melakonkan Keluarga Kudus, Tiga Raja dari Timur dengan mengikutsertakan hewan-hewan hidup. Suasana yang tercipta menggambarkan sebuah kelahiran yang telah lama ditunggu-tunggu dan yang membawa harapan baru.

Aksi Amal Natal

Ada pula kegiatan Aksi Natal yang bersifat nasional, yaitu kolekte kelebihan produksi pangan, pertanian dan industri (khususnya nasi, pasta, minyak zaitun, susu). Kelebihan produksi ini  kemudian didistribusikan ke berbagai organisasi amal (terutama pusat konseling, paroki, asosiasi rehabilitasi dari kecanduan obat terlarang) untuk ditujukan pada banyak warga yang membutuhkan.  

Untuk seluruh proyek,  sesuasi tradisi Katolik setempat lalu dilakukan serangkaian acara seperti konser, pameran, dll. Semuanya  demi mendukung kegiatan amal yang dilakukan para sukarelawan. Aksi penggalangan dana juga dilakukan agar kegiatan kolekte makanan ini terlaksana.

Kegiatan ini dilakukan di bawah Fondazione Banco Alimentare, sebuah organisasi Onlus yang didirikan tahun 1989 atas inisiatif Mgr. Luigi Giussani dan Danilo Fossati – mantan pemilik perusahaan makanan STAR. Organisasi ini berafiliasi dengan Compagnia delle Opere Kota Milan.

Lalu Asosiasi Museum Duomo mengadakan sebuah pertunjukan rohani yang bertajuk La Madonnina, Asal mula dan Sejarah dari sebuah simbol.

La Madonnina yang dimaksud adalah patung emas Bunda Maria yang terletak di puncak Duomo (Katedral) Milan. Umat Keuskupan Milan dan semua orang yang pernah berkunjung ke Milan tahu betapa sulitnya untuk mengaggumi la Madonnina.  Meskipun sudah mengarahkan mata ke langit, tapi masih terasa jauh dan sangat sulit untuk menghargai lebih jauh keindahannya. Oleh karena itulah untuk enam bulan lamanya sampai tanggal 14 Juni tahun depan, la Madonnina turun dari tahtanya untuk menemui publik.

Selain itu, sebuah konser Natal juga dilakukan oleh Veneranda Fabbrica bekerjasama dengan pihak Katedral Milan dan didedikasikan untuk kota itu. Konser Natal itu diadakan tanggal 18 Desember yang lalu dan bintang acara adalah Fabius Constable & The Celtic Harp Orchestra bersama Paduan Suara Kapel Musik Duomo, sebuah organ budaya paling antik di kota Milan pimpinan Don Claudio Burgio. Penyanyi soprano Donatella Bortone pentas melantunkan musik Celtic, lagu-lagu tradisional Irlandia dan Skotlandia, dan musik rohani dari zaman Abad Pertengahan Eropa.

Dan tepat pada hari Natal, kota Milan mengadakan pesta yang meriah namun penuh solidaritas, terutama bagi mereka yang tidak memiliki keluarga dan membutuhkan bantuan. Acara makan siang, makan malam dan pesta untuk orang-orang lanjut usia, untuk tahanan, tunawisma, pelacur, kaum gipsi, imigran, untuk mereka yang tidak ingin menghabiskan acara makan malam dengan keluarga dan sebagai gantinya ingin bereksperimen sebagai sukarelawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here