Pelita Hati: 24.09.2021 – Menurut Kamu, Siapa Aku?

0
621 views

Bacaan: Hag. 2:1b-10, Lukas 9:19-22

Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: “Kata orang banyak, siapakah Aku ini?” Jawab mereka: “Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit.” Yesus bertanya kepada mereka: “Menurut kamu, siapakah Aku ini?” Jawab Petrus: “Mesias dari Allah.”   Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapa pun. Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”

Sahabat pelita hati,

PERTANYAAN Yesus kepada Petrus tentang “siapa diri-Nya,” adalah pertanyaan abadi yang berlaku untuk kita masing-masing. Pernahkah kita sungguh-sungguh menjawabnya? Atau sejatinya kita menghindarinya? Pertanyaan itu sejatinya membawa kita pada inti dasar hidup beriman, siapakah Tuhan bagiku sesungguhnya? 

Sahabat terkasih,

Cerita tentang pengakuan iman Petrus bahwa Yesus adalah Mesias dilanjutkan yang dengan pemberitaan pertama tentang penderitaan yang akan dihadapi-Nya, sejatinya mengajarkan kepada kita pentingnya sikap untuk tetap setia terhadap jalan panggilan dan perutusan masing-masing. Sebagaimana ujung akhir dari perutusan dan pewartaan Yesus adalah memikul salib menuju Golgota, demikian juga kita pun harus siap menghadapi beragam tantangan dan kesulitan karena kita sungguh-sungguh membela Tuhan. Dan yang terpenting, penderitaan bukan akhir dari perjalanan dan peziarahan tetapi kemuliaan dan kebahagiaan kekal adalah jaminan tunggalnya.

Sahabat terkasih 

Semoga pelita sabda hari ini meneguhkan kita dalam memperjuangkan kesetiaan dan ketaatan.  Tuhan mengajarkan untuk taat dan teguh terhadap  tanggungjawab yang diemban. Kita tidak hanya senang dengan aneka macam keberhasilan tetapi siap sedia menghadapi beragam tantangan, kesulitan bahkan derita akibat kesetiaan kita. Tetap semangat dan go on. Berkah Dalem.

Nampak nyata semut di seberang,
sedang Gajah di pelupuk mata tak keliatan.
Simon Petrus Sang Batu Karang,
peletak dasar Jemaat beriman.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here