Oktober 2022: Pesparani Nasional Katolik II di Kupang, Bangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju

0
651 views
Logo Pesparani II di Kupang, Oktober 2022.

PENYELANGGARAAN PESPARANI Katolik Nasional II akan berlangsung di Kupang, Timor, NTT, bulan Oktober 2022 mendatang. Dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tanggal 28 Oktober 2022.

Ini untuk melambangkan derup semangat kebangsaan universal. Karena itu, Pesparani II lmengusung tema “Membangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju.”

Ketua umum pelaksananya adalah Jamaludin Ahmad – sehari-harinya Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dua tahun alami penundaan

Perhelatan PESPARANIKatolik Nasional II yang seyogianya dilaksanakan pada tahun 2020 harus ditunda ke tahun 2022, karena pandemi Covid-19 masih merajalela dan dampak penerapan PPKM.

Dengan meredanya pandemi Covid-19, maka PESPARANI Katolik Nasional II mendatang diperkirakan akan dihadiri lebih dari 3.000 kontestan dari 34 provinsi se-Indonesia.

Selain acara keagamaan, kehadiran kontestan dan official masing-masing delegasi itu diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di Kota Kupang.

Pertemuan terbesar untuk umat Katolik

PESPARANI boleh dikatakan merupakan salah satu momen pertemuan terbesar umat katolik se-Indonesia. Maka, diharapkan PESPARANI II nantinya akan bisa dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh para menteri. Nantinya diharapkan juga Pesparani II ini akan ditutup oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin persis tanggal 31 Oktober 2022.

Selain unsur pemerintahan, perhelatan PESPARANI Katolik Nasional II juga akan dihadiri para Uskup dari seluruh keuskupan se-Indonesia.

Pluralis dan harmonis

Ketua Umum LP3KN, Adrianus Meliala, menyatakan bahwa PESPARANI Katolik Nasional II melambangkan kehidupan beragama di Indonesia yang plural dan harmonis, seperti ditunjukkan dengan keterlibatan organisasi lintas agama dalam kepanitiaan.

Sementara, Ketua Umum Pelaksana Jamaludin Ahmad berpendapat, keterlibatan pemuda lintas agama dalam kepanitiaan Pesparani merupakan suatu bentuk konkret dari penguatan hubungan sesama anak bangsa.

Selama kegiatan berlangsung, panitia juga akan melibatkan para pemuda NU dan Muhammadiyah untuk menjaga keamanan di lokasi acara.

Semoga dengan dilaksanakannya PESPARANI Katolik Nasional II di Kupang bulan Oktober 2022 mendatang, maka juga semakin tersebar keharmonisan dan semangat kerukunan ke seluruh Indonesia

Narahubung: Bpk. Midian Sihotang, 0822-5870-5764.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here