Empat Imam Antar Jenazah Mgr. Hubertus Leteng ke Ruteng

0
480 views
Misa requiem untuk Mgr. Hubertus Leteng di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Minggu 31 Juli 2022 (Komisi Komsos Keuskupan Bandung)

SENIN siang tanggal 1 Agustus 2022 ini, empat orang imam yang berkarya di wilayah pastoral Keuskupan Bandung telah menetapkan niat mulia mereka. Ikut pergi ke Keuskupan Ruteng, Flores, NTT.

“Mengantar jenazah Mgr. Hubertus Leteng ke Ruteng,” demikian tutur Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr.

Keempat imam dari Keuskupan Bandung itu adalah Vikjen Romo Hilman, Romo Dwi dari Paroki Garut, Romo Haryanto Pr dari Gereja Bunda Maria Paroki Cirebon, dan Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr.

Bila tidak ada penundaan terbang, maka jenazah Mgr. Hubertus Leteng akan bertolak terbang dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng menuju Ruteng pukul 11.40 WIB.

Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Anton Subianto OSC akan menyusul terbang ke Ruteng hari Selasa (2/8) besok.

Arak-arakan jelang berlangsungnya misa requiem untuk Mgr. Hubertus Leteng di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Minggu 31 Juli 2022 (Komisi Komsos Keuskupan Bandung)
Homili Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Anton Subianto OSC dalam misa requiem untuk Mgr. Hubertus Leteng di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Minggu 31 Juli 2022 (Komisi Komsos Keuskupan Bandung)
Pembekatan jenazah Mgr. Hubertus Leteng oleh Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Anton Subianto OSC dalam misa requiem di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Minggu (31/7/2022) – Komisi Komsos Keuskupan Bandung.
Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Anton Subianto OSC bersama sejumlah imam memimpin misa requiem mendoakan arwah Mgr. Hubertus Leteng di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Minggu petang 31 Juli 2022. (Komisi Komsos Keuskupan Bandung)

Pembicaraan intensif

Pembicaraan intensif antara Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Anton Subianto OSC dengan mitranya dari Keuskupan Ruteng Mgr. Siprianus Hormat sudah terjadi sejak Minggu pagi tanggal 31 Juli 2022. Beberapa saat setelah terkonfirmasi bahwa Mgr. Hubertus Leteng telah meninggal dunia di RS Borromeus Bandung, Minggu (31/7) pukul 06.00 WIB.

Mgr. Hubertus Leteng meninggal dunia dalam usia 63 tahun. Karena komplikasi penyakit antara lain diabetes dan lainnya.

Misa requiem

Misa requiem untuk mendoakan Mgr. Hubertus Leteng telah digelar di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Minggu petang kemarin.

Tampak jelas bagaimana umat Katolik Keuskupan Bandung sangat mencintai almarhum Mgr. Hubertus Leteng. Terlihat bagaimana seluruh bangku di Gereja Katedral Bandung ini dipenuhi oleh para pelayat.

Sementara di bagian depan gereja, tampak beberapa buket bunga ucapan dukacita dari berbagai pihak.

Sejak mengundurkan diri dari jabatan Uskup Keuskupan Ruteng tahun 2017 silam, almarhum Mgr. Hubertus Leteng kemudian tinggal menetap di wilayah pastoral Keuskupan Bandung. Beliau kemudian mendapat tugas mengampu karya pastoral di Paroki Garut, Jabar.

Menurut penuturan Romo Ferry Sutrisna Widjaja, semasa mengampu tugas pastoral di Paroki Garut itu almarhum Mgr. Hubertus Leteng mengalami rasa bahagia. Beliau suka memakai tokoh rekaan Bernama Nasarudin dalam setiap homilinya.

Requiescat in pace et vivat ad vitam aeternam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here