Gangnam Style, “Produk” Korsel Rasa Dunia

0
765 views

KOREA Selatan seakan tak pernah berhenti menginvasi dunia hiburan dunia. Setelah sederet nama seperti Girl Generation, Super Junior, Big Bang, dan boyband atau girlband asal Korea yang sukses dengan musik K-POP, kini muncul lagi satu tren yang muncul, yaitu Gangnam Style.

Ya, akhir-akhir ini, Gangnam Style ini menjadi semacam tren yang mendunia. Tak hanya ke menyebar ke Asia saja, tapi tren ini sudah menyebar sampai ke Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Gangnam Style sendiri adalah tarian yang pertama kali dipopulerkan oleh salah seorang rapper asal Korea bernama Psy. Dengan gaya tari yang unik, yaitu seperti gaya orang memacu kuda, Gangnam Style ini dalam sekejap menjadi populer di kalangan masyarakat dunia.

Melihat fenomena Gangnam Style sendiri, saya memiliki dua hal yang ada di pikiran saya.

Yang pertama adalah bagaimana fenomena Gangnam Style ini bisa begitu saja meledak? Menurut pendapat saya, cepatnya Gangnam Style ini meledak di pasaran adalah karena masyarakat sendiri mulai sedikit merasa jenuh dengan penampilan boyband dan girlband K-POP yang seakan tak ada bedanya antara satu grup dengan grup lain. Kehadiran Psy dengan Gangnam Style itu menjadi semacam oase di tengah-tengah gurun “K-POP” yang dipenuhi pria tampan dan wanita cantik.

Psy hadir memberi “warna” yang berbeda di dunia hiburan Korea Selatan dan dunia.

Namun, setelah hal pertama tersebut, ada hal kedua yang terpikir dalam pikiran saya terhadap Gangnam Style, yaitu bagaimana Gangnam Style sendiri sebenarnya adalah salah satu upaya diferensiasi dari dunia hiburan Korea Selatan untuk menginvasi dunia hiburan di seluruh dunia. Gangnam Style muncul sebagai salah satu “produk jualan baru” yang ditawarkan oleh Korea Selatan, setelah sebelumnya produk “K-POP” mereka laris manis di pasaran penikmat hiburan di seluruh dunia.

Mungkin setelah K-POP dan Gangnam Style, Korea Selatan akan terus melakukan diversifikasi dunia hiburan mereka dengan film komedi atau horror Korsel, atau K-Rock. Kita tunggu saja serangan Korea Selatan berikutnya.

Tautan: http://albhum2005.com/?p=860

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here