Home BERITA Gereja Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan Resmi Menjadi Paroki

Gereja Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan Resmi Menjadi Paroki

2
1,456 views

Gereja Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat, (19/06/2020) pukul 17.00 WIB resmi menjadi satu wilayah paroki di Keuskupan Agung Semarang. Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto Pr menjadi Pastor Paroki yang menggembalakan 2.966 jiwa (26 lingkungan) umat Katolik.

Perayaan Ekaristi “kepyakan” Paroki Macanan ditandai dengan Misa konselebrasi oleh Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Romo Antonius Dadang Hermawan (Romo Kepala Paroki Marganingsih Kalasan), Romo Jonathan Billie Cahyo Adi (Romo Vikaris Paroki Marganingsih Kalasan) serta Romo Vikep DIY yakni Romo Adrianus Maradiyo sebagai selebran utama.

Dalam homilinya, Romo Vikep DIY Adrianus Maradiyo atas nama Mgr. Robertus Rubiyatmoko membacakan Surat Keputusan Pendirian Paroki. “Dengan memperhatikan surat dari Pengurus Dewan Pastoral Paroki Kalasan, tanggal 21 April 2020 tentang tanggal penetapan Paroki Administratif Tyas Dalem Gusti Yesus di Macanan, Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta sebagai paroki,”ujar Romo Adrianus.

Pendirian paroki ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, Paroki Administratif Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan sudah memiliki sarana dan prasarana (antara lain : gedung gereja, pastoran, kantor pelayanan sekretariat dan ruang pertemuan umat) yang memadai untuk pelayanan sebagai paroki. Dan kedua, umat Katolik Paroki Administratif Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan sebagai paguyuban sudah tertata dan sudah disiapkan pula susunan kepengurusan Dewan Paroki Administratif yang dilengkapi dengan pedoman-pedoman yang diperlukan sebagai paroki.

Selanjutnya Romo Mardiyo juga membacakan surat keputusan Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko yang memberhentikan dengan hormat Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr dari jabatan Vikaris Parokial Paroki Marganingsih Kalasan dan mengangkat Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto sebagai Pastor Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan. Surat Keputusan itu berlaku pada Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus, 19/06/2020.

Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr akan bertempat tinggal di Pastoran Katolik Tyas Dalem Gusti Yesus di Macanan dan memangku jabatan Ketua Pengurus Gereja Dan Papa Miskin Room Katolik (PGPM) Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus di Macanan.

Terkait penetapan ini, Romo Vikep berharap kepada seluruh umat paroki untuk siap berbenah dan berubah juga menjadi berkah. “Penetapan menjadi paroki penuh bukan akhir dari perjalanan paroki, tetapi justru menjadi awal bagi paroki untuk siap berbenah dan juga siap berubah serta untuk menjadi berkah. Semua umat paroki saya ajak menjadi umat Katolik yang transformatif, karena ini juga menjadi fokus pastoral tahun 2020 di Keuskupan Agung Semarang,”ujar Romo Maradiyo.

Romo Vikep secara khusus mengajak umat di tingkat paroki, wilayah, dan lingkungan agar membentuk sistem penggembalaan yang baik. Misalnya ada rapat yang teratur dan ada doa bersama teratur. Masa seperti wabah Covid-19 ini menjadi tantangan tersendiri. Gereja dituntut untuk terlibat. Karena gereja dikenal bukan karena besarnya. Melainkan karena kehadiran dan keterlibatan umat di tengah masyarakat, sehingga masyarakat bisa merasakan gereja yang sungguh hadir, kata Romo Vikep.

Usai Perayaan Ekaristi dilakukan pelepasan balon ke udara oleh para Romo sebagai simbol harapan yang tinggi untuk mewujudkan gereja yang lebih baik.

Perjalanan Panjang
Paroki Macanan merupakan “anak” kedua Paroki Kalasan, setelah Paroki Babadan yang sudah lebih dulu lahir tahun 2011. Lahirnya Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan melalui proses panjang.

Beberapa periode yakni periode pra Stasi pada tahun 1925 – 1950. Kemudian dilanjut periode 1950 – 2018 masih pra Stasi. Pada 2018 hingga 19 Juni 2020, memasuki periode Paroki Administratif. Dan sekarang sudah menjadi paroki.

Berdasar surat keputusan Uskup Agung Semarang, disebutkan Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus Macanan meliputi beberapa wilayah :
a. Wilayah Santo Lukas Prambanan yang terdiri dari 8 lingkungan dengan 356 KK.
b. Wilayah Santo Hilarius – Macanan I yang terdiri dari 5 lingkungan dengan 229 KK.
c. Wilayah Fransiskus Xaverius – Macanan II yang terdiri dari 4 lingkungan dengan 221 KK.
d. Wilayah Antonius – Macanan III yang terdiri dari 6 lingkungan dengan 161 KK.
e. Wilayah Santo Yohanes Pembaptis Payak yang terdiri dari 3 lingkungan dengan 146 KK.

Dalam keputusan tersebut juga disebutkan bahwa paroki berada di Dusun Macanan, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dengan batas wilayah :

  • Sebelah utara : Wilayah Manisrenggo, Paroki Marganingsih Kalasan
  • Sebelah selatan : Paroki Santo Paulus Pringgolayan Bantul
  • Sebelah timur : Paroki Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga
  • Sebelah Barat : Wilayah Berbah Paroki Marganingsih Kalasan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here