Jangan Anggap Remeh Persoalan Kecil!

0
1,343 views

TAHUN 1909, Edward Payson Weston yang berusia 72 tahun membuat sebuah catatan sensasional.

Ia melakukan perjalanan super jauh, yaitu sepanjang 4000 mil dari New York hingga San Fransisco, Amerika Serikat. Ia tidak menggunakan kendaraan. Ia hanya mengandalkan kedua kakinya.

Ia berjalan dan berjalan. Ia tidak mau berkeluh kesah atas jerih payah yang dialaminya. Mengapa? Karena secara pribadi ia menghendaki perjalanan itu. Ia mesti berani menerima setiap risiko yang dialaminya. Banyak pengalaman suka dan duka yang dialami oleh Edward Payson Weston. Banyak rintangan dan tantangan yang mesti ia hadapi. Namun ia tetap berjalan hingga tujuan.

Perjalanan super jauh itu menggegerkan dunia. Banyak orang ingin mendengarkan komentar Edward tentang perjalanan itu. Setelah berhasil mencapai finish dari perjalanan itu, wartawan mewawancarainya. Kepadanya ditanyakan tentang tantangan terberat yang dihadapinya dalam menempuh perjalanan super jauh itu.

Kepada mereka, ia berkata,”Saya sempat hampir menyerah dan ingin menyudahi perjalanan ini. Saya menyerah bukan karena lelah, panas matahari, atau karena jalanan yang terjal dan berbatu. Namun, itu karena butiran pasir yang masuk ke dalam sepatu saya. Hal itu sangat mengganggu dan membuat saya tersiksa.”

Kalau ada persoalan yang muncul dalam perjalanan hidup kita, sebaiknya kita segera tangani”

Hal kecil bisa hadang juga
Sahabat, sering kita merasa bahwa hal-hal besar menjadi penghadang perjalanan hidup kita. Karena itu, kita sering menghindari risiko-risiko besar dalam hidup ini. Namun ternyata tidak selamanya hal-hal besar yang dapat menghadang perjalanan hidup kita.

Kisah sepatu Edward yang kemasukkan pasir dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk tetap berhati-hati dalam hidup ini. Bukan hanya kesalahan-kesalahan dalam hal-hal besar yang memunahkan kesuksesan hidup kita. Bisa saja persoalan-persoalan kecil dapat sangat mengganggu kesuksesan hidup kita. Bahkan persoalan-persoalan kecil itu bisa menghancurkan kesuksesan yang telah kita rintis.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi, karena kita menganggap remeh persoalan-persoalan kecil. Kita anggap enteng. Kita berkata, “Ah, itu kan soal kecil. Tidak usah ditanggapi.”

Karena itu, yang mesti kita lakukan adalah kita mesti tetap peka terhadap setiap persoalan yang ada di sekitar kita. Kita tidak perlu anggap enteng persoalan-persoalan yang menghadang perjalanan hidup kita.

Kalau ada persoalan yang muncul dalam perjalanan hidup kita, sebaiknya kita segera tangani. Jangan kita biarkan persoalan-persoalan itu tetap hidup dalam kehidupan kita.

Untuk itu, kita dituntut untuk mencermati setiap persoalan yang kita hadapi. Kita selidiki sebab musababnya. Kalau kita tidak bisa selesaikan persoalan itu sendiri, kita minta nasihat dan bantuan dari orang lain yang lebih mampu.

Dengan demikian, kesuksesan hidup yang kita bangun dapat berjalan dengan baik. Hidup ini menjadi suatu kesempatan untuk menggembirakan hati kita. Tuhan memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here