“Light Show” Ada di St. Mary’s Cathedral Sydney, bukan di Katedral Jakarta

0
770 views
Pertunjukan light show di bagian depan gedung Gereja Sr. Mary Catedral Sydney. (Ist)

DUA hari terakhir ini, beredar viral di jalur medsos ada pertunjukan light show di sebuah gereja katedral –entah dimana. Pertunjukan light show itu terjadi dengan menggunakan penampakan gedung gereja bagian depan seakan-akan menjadi semacam ‘layar’ untuk aneka macam sorotan lampu.

Ketika sorotan sinar aneka macam itu  ‘jatuh di layar’ bagian tampak depan gedung gereja, maka berbagai animasi itu akan bergerak layaknya sebuah film.

Ada di Katedral Sydney

Yang pasti, kata seorang pastor di Kuria Keuskupan KAJ, pertunjukan light show semacam itu tidak terjadi di Gereja St. Maria Diangkat ke Surga – Paroki Katedral Jakarta, melainkan di tempat lain.

Penampakan sekilas atas ‘layar’ bagian tampak depan gedung gereja yang menjadi media pertunjukan light show jelas menunjukkan bahwa lokasinya ada di Gereja St. Mary’s Cathedral Sydney, Australia.

Light show di George Boulevard di jantung kota Sydney di bulan Desember 2013. (Mathias Hariyadi)\

Bagian depan gedung Gereja St. Mary di Sydney yang dipakai sebagai ‘layar’ untuk pertunjukan light show itu adalah bagian depan yang menghadap ke arah selatan. Di depan pintu utama dari arah selatan ini ada undak-undakan tangga menuju halaman luas yang merupakan ruang terbuka publik. Jauh ke depan ada gedung bertingkat.

Satu sisi lainnya menghadap ke arah Royal Botanical Garden yang mengarah ke gedung Opera House of Sydney. Sementara pada sisi lainnya adalah pastoran Gereja Katedral.

Pada bulan Desember ini, di situ berlangsung dua jenis pertunjukan yakni light show dan sound show –keduanya mengambil lokasi di depan gedung Gereja Katedral St. Mary Sydney yang mengarah ke selatan dan bukan sisi-sisi lainnya.

Gedung Gereja St. Mary Katedral Sydney yang mengarah ke selatan pada waktu malam dan siang. (Ist/Mathias Hariyadi)

 

Di Sdyney setiap menjelang Natal, berbagai pertunjukan light show semacam itu menjadi pemandangan yang sangat biasa dan jamak dilakukan. Di sepanjang jalan utama seperti kawasan CBD dan George Street, aneka light show biasanya selalu terjadi pada hari-hari menjelang Natal.

Tentang tampilan tontonan light show dan sound show ini,  pembaca bisa mencarinya di YouTube dengan kata kunci light show in St. Mary’s Cathedral of Sydney 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here