Makna Rohani Transfigurasi Yesus

0
287 views
Yesus menampakkan kemulian-Nya di atas puncak Gunung Tabor. (Ist)

YESUS dan tiga murid-Nya, yakni Petrus, Yakobus, dan Yohanes pergi mendaki gunung yang tinggi (Matius 17:1).

Gunung apa? Sulit diidentifikasi. Itu gunung simbolis.

Peristiwa itu mengajak kita merenungkan hal-hal berikut.

Pertama, untuk mencapai puncak gunung (kemuliaan) orang perlu mendaki. Berjalan mendaki gunung itu tantangan dan seni. Orang mesti mengerti cara dan tipsnya.

Kedua, para pendaki hanya membawa hal-hal yang amat diperlukan. Demikian pula para pendaki rohani dituntut melepaskan diri dari urusan dan hal dunia yang tidak perlu.

Mengambil jarak dari kesibukan sehari-hari; masuk ke dalam keheningan. Berada dalam hidup sehari-hari, tetapi memusatkan perhatian pada kemuliaan surgawi.

Di dalam Yesuslah orang menemukan kemuliaan sejati itu (Matius 17:2). Petrus memberikan kesaksian tentang kemuliaan itu (2 Petrus 1:16-19).

Untuk dapat menyaksikan dan mengalaminya orang perlu masuk ke tempat yang sunyi, mengkontemplasikannya. Orang juga dituntut siap menderita; menjadi seorang hamba yang melayani dan memberikan kasih seperti Yesus.

Ketiga, dalam kemuliaan-Nya itu identitas Yesus dinyatakan. Dia bukan hanya hamba, melainkan Tuhan.

Itulah Yesus yang sebenarnya. Melalui peran-Nya sebagai hamba yang memberikan kasih-Nya lewat pelayanan dan penderitaan, Yesus mencapai kemuliaan.

Tujuan dan tempat terakhir Yesus bukanlah makam, tetapi kemuliaan abadi.

Demikian pula mereka yang mengikuti Yesus dan rela menderita bersama-Nya akan mengambil bagian dalam kemuliaan itu. Penderitaan, kematian, dan kebangkitan mesti lebih dulu dilewati (Matius 17:9).

Pengalaman itu amat membahagiakan. Ketiga murid Yesus telah mengalaminya. Maka, Petrus berkata, “Tuhan, betapa bahagianya kami tinggal di tempat ini.” (Matius 17:4).

Panggilan setiap manusia ialah kemuliaan dan kebahagiaan itu. Bukan kemegahan dan kemuliaan duniawi.

Siapakah yang siap mendaki bersama Tuhan Yesus untuk sampai di sana?

Minggu, 6 Agustus 2023
Pesta Yesus Dimuliakan di atas Gunung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here