Panorama Alam Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar (2)

0
129 views
Pemandangan eksotis Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalbar. (Dok. Br. Stephanus Paiman OFMCap)

DANAU Sentarum ini berlokasi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

Yang menarik, perairan danau ini terisi air sepenuhnya hanya selama 10 bulan setiap tahunnya. Sisa waktunya, beberapa kawasan air itu kemudian akan surut. Jadilah kemudian danau super luas ini akan menjadi “kolam-kolam” kecil.

Danau Sentarum ini sangat luas. Sedikitnya 132 ribu hektar. Fungsinya sangat strategis, karena saat kemarau, danau ini memasok separuh dari kapasitas air yang mengalir di Sungai Kapuas.

Ingat bahwa Sungai Kapuas yang membentang di Pontianak ini hulunya berasal dari Kapuas Hulu. Nun jauh di kawasan pedalaman sana.

Butuh perjalanan darat selama 14 jam dari Pontianak untuk menjangkau Danau Sentarum. Rute perjalanan ini melewati Sintang, Semitau, dan dengan moda transportasi air menju Lanjak. Kalau tidak mau susah, maka pilih saja terbang dari Bandara Udara Supadio Pontianak menuju Sintang.

Hanya ½ jam terbang saja dari Pontianak menuju Putussibau. Barulah kemudian dilanjutkan perjalanan dengan longboat selama tujuh jam ke Nanga Suhaid.

Tahun 1999, Danau Sentarum resmi ditetapkan sebagai Taman Nasional. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam pada tahun 1981-1982 dan suaka margasatwa sejak 1983.

Simak tayangan video plesiran mengelilingi Danau Sentarum dengan kapal motor.

Kredit: Br. Stephanus Paiman OFMCap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here